Efektiffitas E-Book Tipe Flip Book Identifikasi Jamur Basidiomicota Untuk Melatih Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Fajrul Falah Program Studi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy'ari
  • Roudhoutul Aulia Rochim Program Studi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy'ari
  • Andri Wahyu Wijayadi Program Studi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/discovery.v10i1.8732

Keywords:

E-book, Flip Book, Motivasi Belajar, Basidiomycota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas e-book tipe flip book dalam melatih motivasi belajar peserta didik pada materi identifikasi jamur Basidiomycota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasyim Asy'ari  Tebuireng pada Oktober 2024 - Januari 2025. Data dikumpulkan melalui metode tes yang dilakukan kepada 20 peserta didik kelas X SMA. Tes digunakan untuk mengetahui mengenai skor peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan memberikan lembar soal sebelum dan sesudah menggunakan e-book. Metode ini digunakan untuk mengetahui keefektifan e-book berdasarkan aspek peningkatan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan memiliki efektivitas sedang ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-gain sebesar 0,59 (kategori sedang) dan ketuntasan belajar mencapai 90%. Respon peserta didik terhadap e-book menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 95,7%, yang menunjukkan bahwa e-book sangat layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa secara keseluruhan e-book yang dikembangkan cukup efektif dan praktis dalam meningkatkan motivasi pembelajaran peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, A., Hasruddin, H., & Sumarno, S. (2022). The Effectiveness of Digital Book Learning Media Through the Kvisoft Flipbook Application Based on Problem Solving in Elementary Science Subjects. Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.

Campbell, N. A., Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., & Reece, J. B. (2011). Biology. Pearson.

Chen, Y., Wang, Q., & Chen, H. (2020). Effects of Mindful Learning Using a Smartphone Lens in Everyday Life and Beliefs toward Mobile-based Learning on Creativity Enhancement. Journal of Educational Technology & Society, 23(4), 45-59.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media.

Gandjar, I., & Sjamsuridzal, W. (2006). Mikologi Dasar dan Terapan. UI Press.

Haris, A. (2011). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Implikasi bagi Pembelajaran Sains. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayat, R. (2015). Peran Desain Visual dalam Media Pembelajaran Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 45-58.

Khasanah, U., & Fitriyah, L. A. (2023). Analisis Kualitas Soal Kognitif Materi Sistem Pernapasan Manusia. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 08(2), 82–86.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Muhlas, N. (2018). E-Book Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi, 6(1), 33-47.

Morrison, G. R., & Lowther, D. L. (2022). Integrating Technology into the Classroom: Tools to Enhance Student Engagement. Pearson Education.

Pellas, N. (2022). The impact of interactive digital textbooks on secondary students’ science learning: A meta-analysis. Computers & Education, 189, 104585.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 165–178.

Riyanto, Y., Sudirman, R., & Hasanah, N. (2012). Efektivitas Penggunaan E-Book dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 14(2), 87-99.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860.

Salam, A., Kuswanti, N., & Hayati, N. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi besaran dan pengukuran untuk kelas VII SMP. Discovery, 6(1), 28–36

Sardiman, A. M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siswati. (2023). Penerapan Pembelajaran Saintifik sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Siswa. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 08(1), 40–45.

Sulviana, N. (2019). E-Book Interaktif dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sains. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1), 50-63.

Sung, Y. T., Yang, J. M., & Lee, H. Y. (2019). What types of cultural capital benefit students’ academic achievement at different educational stages? Interrogating the meta-analytic evidence. Educational Research Review, 28, 100289.

Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(2), 91–98.

Tridewi, A. (2019). Penggunaan E-Book Flipbook Berbasis Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Genetika. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 23-35.

UNESCO. (2023). Guidelines for digital learning transformation in post-pandemic education. UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Fajrul Falah, Roudhoutul Aulia Rochim, & Wijayadi, A. W. (2025). Efektiffitas E-Book Tipe Flip Book Identifikasi Jamur Basidiomicota Untuk Melatih Motivasi Belajar Peserta Didik. Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33752/discovery.v10i1.8732