Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33752/discovery.v9i2.6654Keywords:
Pembelajaran, Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, StatistikaAbstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan yang berpengaruh pada pengembangan potensi individu, terutama dalam mata pelajaran matematika yang sering menjadi tantangan bagi siswa. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep statistika, yang dapat menghambat hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 12 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain posttest control group. Sampel terdiri dari 64 siswa, di mana 32 siswa berada di kelas eksperimen yang menerapkan model STAD, dan 32 siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui post-test dan dianalisis secara Inferensial menggunakan uji t untuk menentukan signifikansi perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas control adalah 59,53, sedangkan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 85,47 yang melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 76, dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05).
Downloads
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar ips di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.
Afifah, N. (2018). Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 123-130. https://doi.org/10.12345/jpp.v6i2.6789.
Andrini, V. S., Patmaningrum, A., & Etika, E. D. (2023). Penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) pada materi teorema Pythagoras terhadap hasil belajar siswa SMP. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 116-121.
Anggraini, F., Novaliyosi, & Rafianti, I. (2020). Pengaruh emotional spiritual quotient (esq) terhadap kemampuan pemecahan masalah. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 84–96.
Aris, Shoimin. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Asmedy. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe S fungsi kuadrat terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 15–24. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.2.
Fiteriani, I., & Baharudin. (2017). Analisis perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang berkombinasi pada materi ipa di min bandar lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 1-30.
Hasibuan, L. R., & Marsiani. (2021). The influence of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) cooperative learning model on understanding abilities of mathematic concepts. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 2460–2593.
Khoiriyah, S., & Pitaloka, D. A. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Geogebra terhadap hasil belajar siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2), 211–214.
Kholil, Silvi Zulfiani. (2020). Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.
Kurniasih, & Sani. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Lase, Wangi Netralli dkk. (2023). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Education, 6(1), 4301-4308. E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.
Lianita, A. (2022). Pengaruh self-esteem dan burnout peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Mardhiyatirrahmah, L. (2023). Pembelajaran statistik terkait ukuran pemusatan data (mean, median, modus) melalui integritas terhadap Al-Qur’an. Jurnal Ilmiyah Pendidikan dan Dakwah, 16(31).
Maya, N., & Witri, L. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. JKPM, 1(1), 121–135.
Natalia, N. N., dkk., (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar melalui objek langsung matematika pada siswa kelas VII SMPN 6 Tondano. Jurnal Discovery 7(1), 30-36.
Nazhifah, N. (2021). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.
Norviana, S., & Sari, A. R. (2016). Pengembangan media pembelajaran ular tangga untuk siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10310.
Patmaningrum, A. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal aljabar abstrak berdasarkan perbedaan kemampuan matematika. Dharma Pendidikan, 13(16), 13–22.
Perdana, R. D. P. (2017). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization pada materi operasi hitung bentuk aljabar ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP se-Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 12, 82–92.
Poli, V., J. U. L. Mangobi, D. F. Kaunang., (2022). Perbedaan hasil belajar geometri siswa menggunakan model kooperatif tipe group investigation berbantuan geogebra, model kooperatif tipe group investigation, dan model direct instruction. Jurnal Discovery 7 (2), 72-75.
Putri, Ika Aprilliani dkk. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga pada pembelajaran matematika di SDN 1 Pabuaranwetan. Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-6.
Rusman. (2018). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, N. A. P., M. U. Albab, N. Ilmayasinta., (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan saintifik pada materi bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Discovery 8 (2), 75-80.
Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sinar. (2018). Metode active learning: Upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Slavin, E. R. (2015). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R. E. (2016). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susilo, Ndari dkk. (2019). Pembelajaran matematika dengan remidial melalui belajar kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar. Jurnal Umpalembang. https://jurnal.umpalembang.ac.id/jpmatematika/article/viewFile/3358/2313.
Wulandari, Afrindah & Lily Rohanita H. (2023). Pengaruh model pembelajaran STAD dengan bantuan media Geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 6(3).
Yenizar, Y. (2015). Peranan statistik dalam kehidupan modern. Jurnal Ilmu Statistik, 5(1), 45-57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Maulana Ikhsan, Nihayatus Sa’adah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.