Analisis Validitas Instrumen Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Nilai-Nilai Islam Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Kelas VII

Authors

  • Novia Rahmawati Universitas Hasyim Asy'ari
  • Iesyah Rodliyah Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/discovery.v9i2.6281

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah, Himpunan

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan yang utama bagi tiap manusia. Salah satu ilmu pengetahuan yang penting dalam kemajuan proses berfikir serta mampu menyelesaikan masalah didalam  kehidupan sehari-hari adalah matematika. Masih banyak peserta didik dikalangan pesantren yang masih membeda-bedakan antara pelajaran agama dengan pelajaran umum khususnya matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa LKPD bermuatan nilai-nilai Islam berbasis masalah pembelajaran materi himpunan. Artikel ini adalah bagian dari penelitian besar pada pengembangan media pembelajaran dengan model ADDIE. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Langkah yang dilakukan hanya tahap 1 sampai 3 yaitu analisis, perancangan dan pengembangan. Hasil validasi dari dosen memperoleh hasil rata-rata 83,3% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi dari guru mendapatkan hasil rata-rata 82,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata validasi dari kedua validator adalah 82,9% dengan kriteria sangat valid.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Quran, April, 1–16.

Alamsyah, M. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Dasar Pada Siswa Kelas Viii Mtsn Balang-Balang. A Psicanalise Dos Contos de Fadas. Tradução Arlene Caetano, 466.

Cahyani, E.P.N., Dwinata, A., Adlina, N., & Pujiono, S. Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budayadi Sekolah Dasar. Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.33752/discovery.v6i2.1798

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Depdiknas. 2014. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Diana Nur Nadiya Fitriya, Nur kuswanti, & Oktaffi Arinna Manasikana. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pemanasan Global. Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(2), 108–113. https://doi.org/10.33752/discovery.v6i2.1798

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Istanti, R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri Gadingan Kecamatan Wates. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.

Khuzaini, N. & N. (2017). Virtual Mathematics Media Effectiveness Based Teams Game Tournament Reviewed From Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68.

Maghfiroh, R., Khabibah, S., & Amintoko, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Bentuk Aljabar. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(2), 86.

Maharani, F., Arjudin, A., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 19. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8288

Nindiasari, H., Fatah, A., Magister Pendidikan Matematika Untirta, P., & Raya Palka No, J. K. (2022). Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1558–1567.

Nurul Fadhilatunnisa, Nur Kuswanti, & Noer Afâ€TMidah. (2021). Pengembangan Lkpd Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Optik Untuk Peserta Didik Kelas Viii. Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(2), 114–125. https://doi.org/10.33752/discovery.v6i2.1799

Oktricia, Haryani.,Yani, P, Ariefa.,&Ansori, Irwandi.(2019). Pengaruh PenerapanLKPD Identifikasi Jenis-Jenis Bambu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP Bengkulu Utara. Diklabio Jurnal Pendidikan dan PembelajaranBiologi Vol 3 No 2 hal 166-173 .https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5434

Pratiwi, W., Dewi, S., dan Paramatha, Y. 2019. The Reflection of Hots in EFL Teachers’ Summative Assesment. Journal of Education Research and Evaluation. 3(3): 127-133

Rahayu, Alfi. 2019. “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN Tahunan Kota Yogyakarta” Skripsi. Yogyakarta: FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.894

Roslina. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Laboratorium Pada Siswa Smp Negeri 36 Makassar. 76–92.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Tifani, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Himpunan untuk Siswa MTs di Indragiri Hilir. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 261. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/14259

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ummaeroh, R., Gusmania, Y., & Hasibuan, N. H. (2019). Pengaruh penggunaan lks berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas xi IPA SMA. Pythagoras, 8(2), 93–98. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V8I2.1998

Utama, W. B. (2017). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Akuntansi, 11.

Wahyuni, I.H., Fitroh, R., & Rodliyah, I. (2023). Gerakan Literasi Matematika One Day One Topic Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Berpikir Tingkat Tinggi Hots. Jurnal Discovery Vol. 8No. 2 Oktober 2023. https://doi.org/10.33752/discovery.v8i2.5101

Yuliandriati, Y., Susilawati, S., & Rozalinda, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 105–120. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4231

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Rahmawati, N., & Iesyah Rodliyah. (2024). Analisis Validitas Instrumen Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Nilai-Nilai Islam Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Kelas VII . Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 9(2), 67–75. https://doi.org/10.33752/discovery.v9i2.6281