IMPLEMENTASI RESEARCH BASED LEARNING (RBL) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATAKULIAH AKUNTANSI KEUANGAN

Authors

  • Dwi Ari Pertiwi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Iesyah Rodliyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstract

Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kecakapan untuk mengatasi kesulitan agar
mencapai tujuan yang diinginkan, (Sumartini, 2016). Perlu adanya strategi khusus untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, salah satunya adalah mengganti
model pembelajaran yang selama ini diterapkan oleh Dosen. Abeysekera (2011) menambahkan
pendidikan akuntansi universitas harus melakukan reformasi dari metode pembelajaran
tradisional yang mengarah pada pembelajaran pasif, ke metode pembelajaran lainnya yang
mengarah pada pembelajaran aktif. Dalam hal ini RBL (Research Based Learning) adalah suatu
model pembelajaran yang mewujudkan pembelajaran aktif dan mampu membiasakan peserta
didik dalam kemampuan pemecahan masalah, karena RBL merupakan model pembelajaran
yang mengambil dasar filosofi konstruktivisme yang tercakup pada 4 (empat) aspek
diantaranya: pembelajaran yang membangun kemampuan mahasiswa dalam memahami suatu
bidang keilmuan, pembelajaran yang meningkatkan prior knowledge, pembelajaran yang
menjadi proses interaksi sosial serta pembelajaran bermakna yang diwujudkan dengan
pengalaman secara nyata (pubr ugm,2010). Hasil implementasi research based learning (RBL)
berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada
matakuliah akuntansi keuangan dapat disimpulkan bahwa metode research based learning
(RBL) berbasis karakter dapat dilakukan secara maksimal, artinya model pembelajaran ini
mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan menanamkan pendidikan karakter
pada diri mahasiswa.
Kata kunci: Research Based Learning (RBL), Pendidikan karakter, Pemecahan
Masalah
Abstract
Problem solving ability is a skill to overcome difficulties in order to achieve the desired goals,
(Sumartini, 2016). There needs to be a special strategy to improve students' problem solving
abilities, one of which is to replace the learning model that has been applied by lecturers of
financial accounting courses. Abeysekera (2011) added that university accounting education
must reform traditional learning methods that lead to passive learning, to other learning methods
that lead to active learning. In this case, RBL (Research Based Learning) is one learning model
that leads to active learning and is able to improve problem solving skills, because RBL is a
learning model based on the philosophy of constructivism which includes 4 (four) aspects,
namely: learning that builds students' understanding , learning by developing prior knowledge,
learning which is a process of social interaction and meaningful learning that is achieved
through real experience (pubrug, 2010). The results of the character based implementation of
research based learning (RBL) to improve students' problem solving abilities in the financial
accounting subject can be concluded that the character based research based learning (RBL)
method can be done maximally, meaning that this learning model is able to improve problem
solving abilities and instill character education on students.
Keywords: Research Based Learning (RBL), character education, problem solving

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads