Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran ChatGPT Berbasis Artificial Intelegence pada SMK Bina Jaya Palembang

Authors

  • Akhmad Sayuti Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sriwijaya Palembang
  • Muhammad Ridho Ardiansyah Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sriwijaya Palembang
  • Serry Davizan Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sriwijaya Palembang
  • Abdul Harist Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sriwijaya Palembang
  • Irwansyah Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sriwijaya Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i2.8373

Keywords:

ChatGPT, Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Interaktif, Sekolah Menengah Kejuruan, Vokasi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan ChatGPT sebagai media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) di SMK Bina Jaya Palembang. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi AI guna mendukung siswa dan guru dalam proses belajar mengajar yang lebih interaktif dan efektif. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik langsung, yang diikuti oleh evaluasi untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari guru dan siswa dalam memanfaatkan ChatGPT, dengan peningkatan signifikan pada keterampilan literasi digital dan kemampuan merancang media pembelajaran. Namun, keterbatasan seperti waktu praktik yang kurang dan tingkat literasi digital yang bervariasi menjadi tantangan yang perlu diatasi. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutan untuk mendukung penerapan teknologi AI secara berkelanjutan dalam dunia pendidikan, terutama di lingkungan sekolah menengah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. H., Santoso, R. P., & Sopingi, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Wirausaha Siswa Kelas XI SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng. Jurnal Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6287

Anam, C. (2021). Analisis Kesiapan Pendidikan Vokasi dalam Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di LP3I Malang). Jurnal Vokasi, 5(2), 112. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2313

Arochma, N., Purnaningsih, E. G., Anggreani, N. K., & Faroqi, A. (2023). Analisis Etika Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Ketidaketisan Penggunaan Chatgpt Oleh Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 508–515. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.404

Auna, H. S. A., & Hamzah, N. (2024). Studi Perspektif Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Chatgpt. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1160

Baharuddin, Angielevi, D., & Prawitasari, D. S. (2023). Analisis Performa Chatgpt Dalam Kasus Problem Based Learning. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 13(1), 101–107. https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9591

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Hadiq, M. F., & Ramadhan, C. U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Investigasi Dengan Dukungan ChatGPT Terhadap Keterampilan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(6), 1187–1193. https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.21673

Harnilawati, Insiyanda, D. R., Sopingi, I., Indriasari, E., Nubatonis, O. E., Schouten, F. S., Suryandari, M., Udil, P. A., Veronica, & Wangge, M. (2024). Metodologi Penelitian. Cendekia Publisher.

Kharis, S. A. A., Arisanty, M., & Zili, A. H. A. (2024). Pengalaman Dan Perspektif Pendidik Terhadap Penggunaan ChatGPT Dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan, 33(1), 515–524. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.5004

Maulana, M. S., Nurmalasari, Widianto, Septian, R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 16–19. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.103

Niyu, Dwihadiah, D., Gerungan, A., & Purba, H. (2024). Penggunaan ChatGPT Di Kalangan Mahasiswa Dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia. Coverage Journal of Strategic Communication, 14(2), 130–145. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i2.6058

Primasatya, R. D., Labbaik, M., Mujtaba, M. I. E., & Wahono, R. D. (2024). Self-Leadership Dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi Chatbots AI Di Dunia Pendidikan Akuntansi: Tinjauan Perspektif Adaptive Leadership. Owner, 8(2), 1944–1955. https://doi.org/10.33395/owner.v8i2.2313

Rifardi, L. M. P., Sopingi, I., & Hidayati, A. (2024). Financial Technology Lending and Consumptive Attitude on Student Lifestyle. Journal of Economic and Islamic Research, 2(2), 263–277. https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v2i2.115

Sahabudin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman Di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63

Saputra, N. J., & Hidayati, D. (2023). Persepsi Dosen Pascasarjana Universitas Swasta Terhadap ChatGPT Dalam Meningkatkan Mutu Pembalajaran. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 11(3), 532. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.67023

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan Di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Suyono, A., Prabowo, A. E., & Suryanti, N. (2022). Analisis Bibliometrik Implementasi E-Learning Dalam Pendidikan Ekonomi. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 6(2), 592– 603. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6948

Wandria, F. (2023). Analisis Dampak Modifikasi Butir Soal Berdasarkan Taksonomi Bloom Terhadap Tingkat Keyakinan Chatgpt Dengan Pendekatan Genetika. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 10(1). https://doi.org/10.33197/jitter.vol10.iss1.2023.1536

Windasari, Aini, H. Q., & Rahmawati, F. V. (2024). Analisis Efektivitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SDN Kedarus 1. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.347

Yasmar, R., Suja, A., & Hidayat, A. F. S. (2023). Pemanfaatan ChatGPT Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis/Maharah Kitabah Berbasis 6C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration,Communication, Computational and Compassion). Al-Jawhar : Journal of Arabic Language, 1(2), 87–104. https://doi.org/10.69493/ajoal.v1i2.28

Yuni, K. C., Sopingi, I., Haryanti, P., Hidayati, A., Musfiroh, A., Rifardi, L. M. P., & Sobaroh, L. (2023). Pengarahan Peningkatan Kapabilitas Usaha Mandiri Bolen Pisang melalui Marketing Mix di desa Bibrik Madiun. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2 SE-Articles), 117–126. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5680

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Sayuti, A., Ardiansyah, M. R., Davizan, S., Harist, A., & Irwansyah. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran ChatGPT Berbasis Artificial Intelegence pada SMK Bina Jaya Palembang . Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i2.8373