Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran ChatGPT Berbasis Artificial Intelegence pada SMK Bina Jaya Palembang
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i2.8373Keywords:
ChatGPT, Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Interaktif, Sekolah Menengah Kejuruan, VokasiAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan ChatGPT sebagai media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) di SMK Bina Jaya Palembang. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi AI guna mendukung siswa dan guru dalam proses belajar mengajar yang lebih interaktif dan efektif. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik langsung, yang diikuti oleh evaluasi untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari guru dan siswa dalam memanfaatkan ChatGPT, dengan peningkatan signifikan pada keterampilan literasi digital dan kemampuan merancang media pembelajaran. Namun, keterbatasan seperti waktu praktik yang kurang dan tingkat literasi digital yang bervariasi menjadi tantangan yang perlu diatasi. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutan untuk mendukung penerapan teknologi AI secara berkelanjutan dalam dunia pendidikan, terutama di lingkungan sekolah menengah kejuruan.
Downloads
References
Ali, M. H., Santoso, R. P., & Sopingi, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Wirausaha Siswa Kelas XI SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng. Jurnal Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6287
Anam, C. (2021). Analisis Kesiapan Pendidikan Vokasi dalam Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di LP3I Malang). Jurnal Vokasi, 5(2), 112. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2313
Arochma, N., Purnaningsih, E. G., Anggreani, N. K., & Faroqi, A. (2023). Analisis Etika Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Ketidaketisan Penggunaan Chatgpt Oleh Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 508–515. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.404
Auna, H. S. A., & Hamzah, N. (2024). Studi Perspektif Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Chatgpt. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1160
Baharuddin, Angielevi, D., & Prawitasari, D. S. (2023). Analisis Performa Chatgpt Dalam Kasus Problem Based Learning. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 13(1), 101–107. https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9591
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Hadiq, M. F., & Ramadhan, C. U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Investigasi Dengan Dukungan ChatGPT Terhadap Keterampilan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(6), 1187–1193. https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.21673
Harnilawati, Insiyanda, D. R., Sopingi, I., Indriasari, E., Nubatonis, O. E., Schouten, F. S., Suryandari, M., Udil, P. A., Veronica, & Wangge, M. (2024). Metodologi Penelitian. Cendekia Publisher.
Kharis, S. A. A., Arisanty, M., & Zili, A. H. A. (2024). Pengalaman Dan Perspektif Pendidik Terhadap Penggunaan ChatGPT Dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan, 33(1), 515–524. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.5004
Maulana, M. S., Nurmalasari, Widianto, Septian, R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 16–19. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.103
Niyu, Dwihadiah, D., Gerungan, A., & Purba, H. (2024). Penggunaan ChatGPT Di Kalangan Mahasiswa Dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia. Coverage Journal of Strategic Communication, 14(2), 130–145. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i2.6058
Primasatya, R. D., Labbaik, M., Mujtaba, M. I. E., & Wahono, R. D. (2024). Self-Leadership Dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi Chatbots AI Di Dunia Pendidikan Akuntansi: Tinjauan Perspektif Adaptive Leadership. Owner, 8(2), 1944–1955. https://doi.org/10.33395/owner.v8i2.2313
Rifardi, L. M. P., Sopingi, I., & Hidayati, A. (2024). Financial Technology Lending and Consumptive Attitude on Student Lifestyle. Journal of Economic and Islamic Research, 2(2), 263–277. https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v2i2.115
Sahabudin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman Di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63
Saputra, N. J., & Hidayati, D. (2023). Persepsi Dosen Pascasarjana Universitas Swasta Terhadap ChatGPT Dalam Meningkatkan Mutu Pembalajaran. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 11(3), 532. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.67023
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan Di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Suyono, A., Prabowo, A. E., & Suryanti, N. (2022). Analisis Bibliometrik Implementasi E-Learning Dalam Pendidikan Ekonomi. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 6(2), 592– 603. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6948
Wandria, F. (2023). Analisis Dampak Modifikasi Butir Soal Berdasarkan Taksonomi Bloom Terhadap Tingkat Keyakinan Chatgpt Dengan Pendekatan Genetika. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 10(1). https://doi.org/10.33197/jitter.vol10.iss1.2023.1536
Windasari, Aini, H. Q., & Rahmawati, F. V. (2024). Analisis Efektivitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SDN Kedarus 1. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.347
Yasmar, R., Suja, A., & Hidayat, A. F. S. (2023). Pemanfaatan ChatGPT Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis/Maharah Kitabah Berbasis 6C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration,Communication, Computational and Compassion). Al-Jawhar : Journal of Arabic Language, 1(2), 87–104. https://doi.org/10.69493/ajoal.v1i2.28
Yuni, K. C., Sopingi, I., Haryanti, P., Hidayati, A., Musfiroh, A., Rifardi, L. M. P., & Sobaroh, L. (2023). Pengarahan Peningkatan Kapabilitas Usaha Mandiri Bolen Pisang melalui Marketing Mix di desa Bibrik Madiun. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2 SE-Articles), 117–126. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5680
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akhmad Sayuti, Muhammad Ridho Ardiansyah, Serry Davizan, Abdul Harist, Irwansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.