Peningkatan Daya Saing Kopi Dengan Strategi Kemasan Dan Pemasaran Di Dusun Borojabung
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v2i1.5867Keywords:
Packaging, Marketing, Coffee BusinessAbstract
Dusun Borojabung memiliki banyak sekali UMKM, salah satunya adalah UMKM kopi. UMKM kopi sendiri dipilih karena dalam proses pembuatan, pengemasan dan pemasarannya masih menggunakan cara yang sederhana. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemasan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. dari kegiatan pengabdian ini, mampu meningkatkan daya saing kopi diluar sana, dari pengemasan yang sudah mengikuti perkembangan zaman dan juga pemasaran di online shop, sehingga mampu menarik lebih banyak pembeli dan juga memperluas pemasaran dengan meningkatkan penjualan di marketplace.
Downloads
References
Herdiyanti, I., & Hawa, N. L. (2021). Upaya Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada
Gaco Kopi di Malang. SENMEA, 1298-1305.
Prasetyo, S. B. (2015). Dampak Perubahan Iklim Terhadap Produktvitas Kopi Robusta (
Coffea Robusta) di Kabupaten Malang. Brawijaya Knowledge Graden.
Cantika. (2012). Iptek Bagi Gapoktan Jati Mulya Keluruhan Jati Mulyo Lowokwaru Kota
Malang. Jurnal Ekonomi Pembangunan.
Soedarsono, D. K., Mohammad, B., Adamu, A. A., & Pradita, K. A. (2020). Managing
Digital Marketing Communication of Coffee Shop UsingInstagram. International
Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(5), 108-118.
Rafiah, K.K. (2020). Review Strategi Pemasaran Efektif Untuk UMKM Kedai Kopi
Dalam menghadapi Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 16(2),
-38.
Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing
Brand Equity(3th ed.). Pearson Prentice Hall, Inc
Junaidi, Hidayat. (2017). Analisis Produksi Kopi di Desa Bocek Kecamatan Karang Ploso
Kabupaten Malang, Vol.1(1), 94
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mohamad Bastomi, Inayatul Fadila, M. Syauqy Nu’man, Handini Eka Putri, Azizatuz Zahro, M. Nur Syamsudin, Khoirul Aminudin, Mahnunatul Mardliyah, Taufiiqul Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.