Pojok Baca Digital: Media Penunjang Aktivitas Belajar Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ika Zutiasari Universitas Negeri Malang
  • Ika Putri Kurniasari Universitas Negeri Malang
  • Amirul Fikri Universitas Negeri Malang
  • Kholilatul Umiyah Universitas Negeri Malang
  • Salsabilla Nur Rahmawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i1.5843

Keywords:

Covid-19 Pandemic, Digital Reading Corner, Learning Media

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak tatanan di berbagai bidang kehidupan. Salah satu bidang kehidupan yang terdampak dalam hal ini adalah bidang pendidikan. Pandemi mengubah aturan dalam pembelajaran, yang awalnya pembelajaran bebas yang dilakukan secara tatap muka antara tenaga pengajar dengan siswa, kemudian berubah menjadi pembelajaran bebas secara daring. Oleh karena itu, pojok baca digital dalam hal ini sangat dibutuhkan sebagai referensi pendamping. Digital reading corner yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi materi pembelajaran tentang matematika, ilmu pengetahuan sosial, bahasa Inggris, cerita pendek dan beberapa pengetahuan umum lainnya. Pembuatan pojok baca digital ini dengan menggunakan metode persiapan kegiatan pengabdian masyarakat, penyusunan modul pembelajaran, dan penyuluhan pojok baca digital. Persiapan kegiatan disini seperti mendiskusikan program kerja yang akan dilakukan oleh kelompok kami dan menghubungi pihak desa untuk mengkonfirmasi bahwa program kerja yang kami pilih merupakan persembahan kelompok kami untuk warga desa. Setelah semuanya sudah ditentukan program kerja apa yang akan dijalankan, maka langkah selanjutnya adalah menyusun modul secara bertahap dalam waktu tiga minggu, menyusun modul ini untuk disiplin ilmu dari tingkat TK hingga SMA dan terakhir melakukan penyuluhan ke desa Gading Kembar. Hasil dari kegiatan ini sesuai dengan apa yang diharapkan dimana semua elemen yang terkait memberikan respon yang baik selama program kerja kelompok kami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., Rahma, N., & Malang, U. N. (2019).

Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar di Lingkungan Sekolah Kabupaten

Malang. 3, 98–104.

Fadli, R. I., Nugraha, A. S., Raharjo, R. P., Sulton, A., & Sari, R. H. (2020). Model

Pembelajaran Inovatif Guru Sma Abdul Hadi. 01(01), 1–12.

Ghofur, A., Rachma, A., Lamongan, S. P., Sunan, J., & Kabupaten, K. (2019). Pemanfaatan

Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. 4(2),

–92.

Habiburrahman, & Fatmawati, R. (2020). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Digital Melalui

Pojok Baca Interaktif Ramah Anak. Abdi Humaniora, 1(2), 57–64.

Herlina, V., & Yarmi, G. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Digital Berbasis Literasi

Digital pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1–13.

Malang, U. N. (n.d.). Petunjuk KKN Edisi COVID-19.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika:

Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8, 268–283.

Yusa, M., Hadinegoro, A., & Fatkhurohman, A. (2018). Implementasi Teknologi Tepat Guna

Kepada Masyarakat. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, ISSN 2615-(April), 49–

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Zutiasari, I., Kurniasari, I. P., Fikri, A., Umiyah, K., & Rahmawati, S. N. (2021). Pojok Baca Digital: Media Penunjang Aktivitas Belajar Masa Pandemi Covid-19. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i1.5843

Issue

Section

Articles