Pelatihan Desain Label Kemasan Dan Pemasaran Online Di Desa Cemandi Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.5784Keywords:
Aloe Vera, Desain Label, Pemasaran OnlineAbstract
Desa Cemandi merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Sidoarjo dan memiliki sejumlah potensi dan salah satunya adalah budidaya Aloe Vera. Tanaman ini dipilih untuk dibudidayakan karena perawatan yang cukup mudah dan cocok dengan iklim serta kondisi tanah di Desa Cemandi. Aloe Vera dapat diolah menjadi bermacam-macam produk, salah satunya adalah diolah menjadi minuman. Minuman Aloe Vera Squash memiliki potensi dan keunggulan yang besar karena memiliki rasa yang segar sehingga diharapkan dapat diterima oleh konsumen. Meskipun produk ini tergolong menarik, namun masih belum dikenal oleh masyarakat sekitar, apalagi masyarakat umum di luar wilayah Desa Cemandi. Program PKM ini ditujukan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan berfokus pada pelatihan desain label serta pemasaran online. Pada pelatihan desain label akan diberikan pengetahuan mengenai bagaimana membuat label yang informatif sehingga dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sedangkan untuk pelatihan pemasaran online, peserta akan mendapatkan materi mengenai bagaimana membuat foto yang dapat menarik perhatian konsumen. Melalui pelatihan ini diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan produk minuman andalannya yaitu minuman Aloe Vera Squash. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan minuman Aloe Vera Squash.Aloe Vera
Downloads
References
Benson, V., Saridaki, G., & Tennakoon, H. (2015). Information Disclosure of Social Media Users. Information Technology & People, 28(3), 589–606. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1207/S15327825MCS0301_03
Chanias, S., Myers, M. D., & Hess, T. (2019). Digital transformation strategy making in pre-digital organizations: The case of a financial services provider. Journal of Strategic Information Systems, 28(1), 17–33. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2018.11.003
Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025
Fischer, E., & Reuber, A. R. (2011). Social interaction via new social media: (How) can interactions on Twitter affect effectual thinking and behavior? Journal of Business Venturing, 26(1), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2010.09.002
Jones, N., Borgman, R., & Ulusoy, E. (2015). Impact of social media on small businesses. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 611–632. https://doi.org/10.1108/JSBED-09-2013-0133
Khalid, A., Lee, O., Minkyong, C., & Jongchang, A. (2018). The Effects of Customer Satisfaction with Ecommerce System. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(2), 18–31.
Kotler, P. (2000). Marketing Management (Milenium). Prentice Hall Intl, Inc.
Nayati Utami, H., Siti Astuti, E., Maulani Ramadhan, H., Trialih, R., & Alief Aprilian, Y. (2019). The interests of small- and medium-sized enterprises (SMEs) actor in using mobile commerce in effort to expand business network. Journal of Science and Technology Policy Management, 10(3), 493–508. https://doi.org/10.1108/JSTPM-08-2018-0081
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widyastuti, Nadia Asandimitra, Yessy Artanti, Nindria Untarini, Agus Frianto, Monika Tiarawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.