Pelatihan Desain Label Kemasan Dan Pemasaran Online Di Desa Cemandi Sidoarjo

Authors

  • Widyastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Nadia Asandimitra Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya
  • Nindria Untarini Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Frianto Universitas Negeri Surabaya
  • Monika Tiarawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.5784

Keywords:

Aloe Vera, Desain Label, Pemasaran Online

Abstract

Desa Cemandi merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Sidoarjo dan memiliki sejumlah potensi dan salah satunya adalah budidaya Aloe Vera. Tanaman ini dipilih untuk dibudidayakan karena perawatan yang cukup mudah dan cocok dengan iklim serta kondisi tanah di Desa Cemandi. Aloe Vera dapat diolah menjadi bermacam-macam produk, salah satunya adalah diolah menjadi minuman. Minuman Aloe Vera Squash memiliki potensi dan keunggulan yang besar karena memiliki rasa yang segar sehingga diharapkan dapat diterima oleh konsumen. Meskipun produk ini tergolong menarik, namun masih belum dikenal oleh masyarakat sekitar, apalagi masyarakat umum di luar wilayah Desa Cemandi. Program PKM ini ditujukan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan berfokus pada pelatihan desain label serta pemasaran online. Pada pelatihan desain label akan diberikan pengetahuan mengenai bagaimana membuat label yang informatif sehingga dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sedangkan untuk pelatihan pemasaran online, peserta akan mendapatkan materi mengenai bagaimana membuat foto yang dapat menarik perhatian konsumen. Melalui pelatihan ini diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan produk minuman andalannya yaitu minuman Aloe Vera Squash. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan minuman Aloe Vera Squash.Aloe Vera

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benson, V., Saridaki, G., & Tennakoon, H. (2015). Information Disclosure of Social Media Users. Information Technology & People, 28(3), 589–606. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1207/S15327825MCS0301_03

Chanias, S., Myers, M. D., & Hess, T. (2019). Digital transformation strategy making in pre-digital organizations: The case of a financial services provider. Journal of Strategic Information Systems, 28(1), 17–33. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2018.11.003

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025

Fischer, E., & Reuber, A. R. (2011). Social interaction via new social media: (How) can interactions on Twitter affect effectual thinking and behavior? Journal of Business Venturing, 26(1), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2010.09.002

Jones, N., Borgman, R., & Ulusoy, E. (2015). Impact of social media on small businesses. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 611–632. https://doi.org/10.1108/JSBED-09-2013-0133

Khalid, A., Lee, O., Minkyong, C., & Jongchang, A. (2018). The Effects of Customer Satisfaction with Ecommerce System. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(2), 18–31.

Kotler, P. (2000). Marketing Management (Milenium). Prentice Hall Intl, Inc.

Nayati Utami, H., Siti Astuti, E., Maulani Ramadhan, H., Trialih, R., & Alief Aprilian, Y. (2019). The interests of small- and medium-sized enterprises (SMEs) actor in using mobile commerce in effort to expand business network. Journal of Science and Technology Policy Management, 10(3), 493–508. https://doi.org/10.1108/JSTPM-08-2018-0081

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Widyastuti, Asandimitra, N., Artanti, Y., Untarini, N., Frianto, A., & Tiarawati, M. (2023). Pelatihan Desain Label Kemasan Dan Pemasaran Online Di Desa Cemandi Sidoarjo. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.5784

Issue

Section

Articles