Literasi Keuangan Digital Sebagai Upaya Pembekalan UMKM Kampung Binaan Go Digital

Authors

  • Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah Universitas Negeri Surabaya
  • Tony Seno Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Prayudi Setiawan Prabowo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.5723

Keywords:

Literasi Keuangan Digital, UMKM, Go Digital

Abstract

Transformasi UMKM terus dilakukan sebagai upaya untuk penguatan UMKM yakni melalui penggunaan teknologi digital. Pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia yang menumbuhkan berbagai platform digital yang menawarkan inovasi dalam kegiatan produksi, konsumsi kolaborasi dan berbagi memberikan peluang untuk UMKM agar beradaptasi serta bertransformasi. Perumusan masalah ini adalah bagaimana UMKM Kampung binaan Pamekasan melek digital sehingga dapat memanfaatkan digital dalam proses usahanya. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah UMKM sudah dapat menggunakan digital marketing, financial teknologi dan inovasi pembayaran pada usahanya. Kekurangan dari kegiatan ini adalah butuh proses yang lama untuk melihat apakah program ini tercapai dengan baik atau tidak, sehingga UMKM masih perlu pendampingan dan mentoring lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank Indonesia. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia 2020. In Bank Indonesia (Ed.), IV (1st ed., pp. 110–125). Bank Indonesia.

Cohen, M., & Candace Nelson. (2011). Financial Literacy : A Step for Clients towards Financial Inclusion. Global Microcredit Summit, 1–34.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76.

Herawati, N. T. (2017). Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Seminar Nasional Riset Inovatif, 131–137.

Herdinata, C., & Pranatasari, F. D. (2019). Panduan Penerapan Financial Technology Melalui Regulasi, Kolaborasi, dan Literasi Keuangan Pada UMKM (1st ed.). leutika.

Pertiwi, U. M. (2014). Penerapan Financial Technology dan Peningkatan literasi keuangan Untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. 365–376.

Wijoyo, H., & Bakrie, W. (2020). DIGITALISASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DI ERA. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I, November, 9–13.

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Fisabilillah, L. W. P., Aji, T. S., & Prabowo, P. S. (2021). Literasi Keuangan Digital Sebagai Upaya Pembekalan UMKM Kampung Binaan Go Digital. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.5723