MENULIS DI KALANGAN GURU BAHASA INDONESIA: Sebuah Fakta Kepenulisan Guru SMP di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.5722Keywords:
Artikel Ilmiah, Artikel Populer, Guru Bahasa IndonesiaAbstract
PKM yang berjudul ”Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Artikel Populer Untuk Guru SMP di Surabaya Barat” ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman/pengetahuan para guru SMP di Surabaya Barat tentang artikel ilmiah dan populer serta meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah dan populer yang sesuai aturan yang benar. Target PKM ini adalah guru-guru SMP di wilayah Surabaya Barat. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dari para pemateri. Metode selanjutnya yaitu melalui tanya jawab. Kemudian, untuk prosedur pelaksanaan pelatihan ini dapat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penutup, serta tahap evaluasi. Dari hasil evaluasi didapatkan hasil bahwa artikel peserta tidak memilki kesamaan atau bukan plagiat dari artikel lain seyelah dilakukan cek plagiarisme namun dalam hal kebahasaan masih terdapat beberapa kesalahan dalam ejaan dan penulisan kata
Downloads
References
Ahmadi, A. (2021). Teaching creative (Literary) writing: Indigenous psychological perspective. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1422–1433. https://un- pub.eu/ojs/index.php/cjes/article/view/5997
Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. [2016]. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2020). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Chaer, Abdul. [2011]. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryadi.[2021]. Keredaksian dan Penyuntingan. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.
Manullang, J. [2014]. Membangun Daya Nalar dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Unimed (online) Vol.7, No.1. Diakses 3 April 2021. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7096
Mulia, D.S., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas, Khazanah Pendidikan, IX(2)
Pusat Pembinaan dan Permasyarakatan. 2014. Paragraf. Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanto, Tri dan Rastri Kusumaningrum. [2021]. Webinar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi dan Luaran Publik Membantu Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Singaperbangsa, Karawang.
Tim MPK Bahasa Indonesia, [2016]. Menulis Ilmiah:Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Unipress: Kampus Unesa Ketintang.
Soesilo, Tritjahjo Danny. [2017]. Penulisan Artikel Ilmiah: Tuntutan Bagi Mahasiswa. Diakses 24 Maret 2021. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19732/4/BOOK_Danny%20Tritjhajo_Penulisan%20Karya%20Ilmiah%20Tuntunan%20bagi%20Mahasiswa_Bab%204.pdf
Yanti, G., Z, Z., & Megasari, S.W. [2020]. Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikai E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4107
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Arie Yuanita, Setya Yuwana, Budinuryanta Yohanes, Anas Ahmadi, Prima Vidya Asteria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.