MENULIS DI KALANGAN GURU BAHASA INDONESIA: Sebuah Fakta Kepenulisan Guru SMP di Surabaya

Authors

  • Arie Yuanita Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Yuwana Universitas Negeri Surabaya
  • Budinuryanta Yohanes Universitas Negeri Surabaya
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya
  • Prima Vidya Asteria Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.5722

Keywords:

Artikel Ilmiah, Artikel Populer, Guru Bahasa Indonesia

Abstract

PKM yang berjudul ”Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Artikel Populer Untuk Guru SMP di Surabaya Barat” ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman/pengetahuan para guru SMP di Surabaya Barat tentang artikel ilmiah dan populer serta meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah dan populer yang sesuai aturan yang benar. Target PKM ini adalah guru-guru SMP di wilayah Surabaya Barat. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dari para pemateri. Metode selanjutnya yaitu melalui tanya jawab. Kemudian, untuk prosedur pelaksanaan pelatihan ini dapat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penutup, serta tahap evaluasi. Dari hasil evaluasi didapatkan hasil bahwa artikel peserta tidak memilki kesamaan atau bukan plagiat dari artikel lain seyelah dilakukan cek plagiarisme namun dalam hal kebahasaan masih terdapat beberapa kesalahan dalam ejaan dan penulisan kata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2021). Teaching creative (Literary) writing: Indigenous psychological perspective. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1422–1433. https://un- pub.eu/ojs/index.php/cjes/article/view/5997

Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. [2016]. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2020). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Chaer, Abdul. [2011]. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryadi.[2021]. Keredaksian dan Penyuntingan. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Manullang, J. [2014]. Membangun Daya Nalar dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Unimed (online) Vol.7, No.1. Diakses 3 April 2021. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7096

Mulia, D.S., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas, Khazanah Pendidikan, IX(2)

Pusat Pembinaan dan Permasyarakatan. 2014. Paragraf. Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanto, Tri dan Rastri Kusumaningrum. [2021]. Webinar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi dan Luaran Publik Membantu Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Singaperbangsa, Karawang.

Tim MPK Bahasa Indonesia, [2016]. Menulis Ilmiah:Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Unipress: Kampus Unesa Ketintang.

Soesilo, Tritjahjo Danny. [2017]. Penulisan Artikel Ilmiah: Tuntutan Bagi Mahasiswa. Diakses 24 Maret 2021. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19732/4/BOOK_Danny%20Tritjhajo_Penulisan%20Karya%20Ilmiah%20Tuntunan%20bagi%20Mahasiswa_Bab%204.pdf

Yanti, G., Z, Z., & Megasari, S.W. [2020]. Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikai E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4107

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Yuanita, A., Yuwana, S., Yohanes, B., Ahmadi, A., & Asteria, P. V. (2021). MENULIS DI KALANGAN GURU BAHASA INDONESIA: Sebuah Fakta Kepenulisan Guru SMP di Surabaya. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 53–61. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.5722