Pelatihan Menyampaikan Pidato Di SMK Swasta Hasanuddin Medan
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5588Keywords:
Pelatihan, Penyampaian Pidato, SMK HasanuddinAbstract
Pelatihan cara menyampaikan pidato merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan di SMK Hasanuddin Medan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa/i dalam menyampaikan pidato di depan umum. Pelatihan ini akan mempelajari strategi dan teknik dalam menyampaikan pidato. Melalui Pelatihan pidato di SMK Hasanuddin Medan ini, diharapkan dapat menjadi masukan serta membuka wawasan bagi siswa/i dalam bidang menyampaikan isi pesan yang baik kepada orang lain dan teknik-teknik yang digunakan dalam menyampaikan pesan, serta ekspresi yang dilakukan ketika berbicara di depan khalayak ramai. Semoga dengan adanya kegiatan ini, siswa/siswi di SMK Hasanuddin dapat menyampaikan cara berpidato kepada khalayak ramai, mengetahui kriteria berpidato, tujuan berpidato, ciri-ciri pidato yang baik, dan persiapan untuk melakukan pidato.
Downloads
References
Abdurrahman, E. (2000). Teknik dan Pedoman Berpidato. CV Amin.
Aminudin, A., & Suradika, A. (2022). Peluang dan Tantangan Dakwah bil Lisan Melalui Youtube sebagai Metode Komunikasi Dakwah. Perspektif, 2(1). https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i1.197
Anggraini, D. (2020). Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram@ islamdakwahcom). UIN Raden Intan Lampung.
Anwar, G. (2003). Retorika Praktis. Rineka Cipta.
Asriadi, A. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 36–50. https://doi.org/10.47435/retorika.v2i1.358
Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Haryanti, P., Hidayati, A. ’, Sopingi, I., Ciptanila, K., Riris, Y. K., Roman, Y., & Nurhayati, D. (2023). Peningkatan Literasi Perbankan Syariah Berbasis Digital Platform Di SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(7), 2562–2568. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2562-2568
Haryanti, P., Sopingi, I., Hidayati, A., & Yuni, K. C. (2023). Literasi Keuangan Syariah Untuk Generasi Z di SMK Perguruan Muallimat Cukir. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 296–304. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4945
Hidajat, M. S. (2006). Public Speaking. Graha Ilmu.
Husein, E., Darmastuti, R., & Mayopu, R. G. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Salatiga dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. Avant Garde, 9(2), 230.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Muslimin, K., & Maswan. (2021). KECEMASAN KOMUNIKASI: Mengatasi Cemas Berkomunikasi di Depan Publik. UNISNU PRESS.
Putri, M. (2021). Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Berpidato Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2018 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 78–84. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48337
Sa’adah, H., & Sopingi, I. (2019). Marketing Mix-7P dan Religi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Survey Pada PT. Bank BRISyariah KCP Wahid Hasyim Jombang). MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 3(3), 59–72. https://doi.org/10.21043/malia.v3i1.8089
Sulistyarini, D., & Zainal, A. G. (2020). Buku Ajar: Retorika. AA Rizky. http://repository.lppm.unila.ac.id/20318/
Waruwu, S. (2022). Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 (Mengamati, Menirukan, Memodifikasi) Untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 326–333. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.57
Zutiasari, I., Putri Kurniasari, I., Fikri, A., Umiyah, K., & Nur Rahmawati, S. (2021). Pojok Baca Digital: Media Penunjang Aktivitas Belajar Masa Pandemi Covid-19. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i1.356
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Saniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.