Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Melalui Online Customer Review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.33752/bisei.v9i2.6977Keywords:
Moderasi, Harga, Kualitas Layanan, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Banyaknya marketplace yang bermunculan, tentunya menimbulkan persaingan sehingga marketplace Shopee perlu melakukan strategi untuk menghadapipersaingan. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalammembentuk strategi adalah harga dan kualitas pelayanan, selain itu keterlibatan online customer review dalammembentuk kepercayaan konsumen juga peru diperhatikandalam Menyusun strategi untuk mempertahankan eksistensimarketplace Shopee. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee MelaluiOnline Customer Review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan mengunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi konsumen produk pada marketplace Shopee di Kota Pasuruan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknikpurposive sampling, yakni berdasarkan kriteria yang telahditetapkan oleh peneliti sehingga terdapat 85 respondensebagai sampel lalu menggunakan teknik analisis data yaituanalisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitaspelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga produkyang ditawarkan marketpace Shopee mampu menarik minatkonsumen di kota Pasuruan untuk membeli produk pada makeplace Shopee. Kualitas pelayanan pada marketpaceShopee mampu mendorong kepercayaan konsumen di kota Pasuruan untuk membeli produk pada maketplace Shopee. Online customer review memoderasi pengaruh hargaterhadap keputusan pembelian, namun tidak memoderasipengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ 2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Alfauzi, R., Akramiah, N., & Fibriyani, V. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Pelayanan Kantor Desa Cukurguling Terhadap Kepuasan Masyarakat. Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, 5(1).
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Penelitian Praktik. Rineka Cipta.
AY, L. (2023). Sempat Mengalami Penurunan Shopee Cs Pede Lebaran Dongkrak Belanja Online. Tangselpos.Id. https://tangselpos.id/detail/9883/sempat-mengalami-penurunan
Bancin, & Budiman, J. (2021). Citra Merek Dan Word Of Mouth (Perannya Dalam Keputusan Pembelian) (Abdul Rofiq (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Buinei, I. S. (2023). Kenali Kelebihan dan Kekurangan Shopee dan Lazada. Tribunsorong.Com. https://sorong.tribunnews.com /2023/05/31/kenali- kelebihan-dan-kekurangan-shoppe-dan-lazada
Chandra, M. A. A., & Wulandari, I. A. (2021). Sistem Informasi Berprestasi Berbasis WEB Pada SMP Negeri 7 Kota Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), 16(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486
Dharmmesta, B. S., & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran Modern (12th ed.). Liberty Yogyakarta.
Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee [Universitas Jember]. In Repository Universitas Jember. https://doi.org/http: //repository.unej.ac.id /handle/123456789/93165
Fadillah, A., Salsabila, Y. N., & Daryanto, A. (2019). Marketing Strategy Analysis Kopi Arabika Specialty (Studi Kasus Pada Cv Frinsa Agrolestari). JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.34203/jimfe.v5i1.1324
Fahrevi, R. S., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(3), Hal 1-15.
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 6(1), 35. http://jurnal.asmtb.ac.id/index.php/jsab/article/view/271
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis (7th Edition). Pearson Prentice Hall.
Haliza, H. N., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Marketplace Shopee Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri. Jurnal Economina, 2(7), 1756–1766. https://doi.org /10.55681/ economina.v2i7.671
Imran, R. C. (2017). Nama: M. Rizky C. Imran NIM: 1914290083 Mata Kuliah: Manajemen Pemasaran I. 1–10.
Kapur, P., & Kumar, U. (2017). Quality, IT and Business Operations (A. K. Verma (ed.); 1st ed.). Springer Singapore. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-10-5577-5
Kotler, P. (2016). Pemasaran (D. Hutauruk & H. Purwoto (eds.)). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran (A. Mulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.)). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Intisari Manajemen Pemasaran (6th ed.). CV Andi Offset.
Kusuma, I. S. H. (2023). Pengaruh Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.61242/ijabo.23.266
Lensun, D. M., Tumbuan, A., & Laindong, S. (2023). The Influence Of Brand Image And Electronic Service Quality On Purchase. Jurnal EMBA, 11(4), 370–378. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.50134
Mangkunegara, A. P. (2019). Perilaku Konsumen (Cet.6). Refika Aditama.
Maryati, & Khoiri.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Mediti, O. C. S. P. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290–1300.
Melati, R. S. (2020). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882–888. https://forms.gle/t44jvKgVK6XAiZwi8.
Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 1, 255–263.
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10(5), 1–20. https://doi.org/: 2461-0593
Sudjana. (2015). Metode Statistika. PT. Taristo.
Sugiharto, N. A., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh Reputasi Dan Online Customer Review Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen ( Survey Pengunjung Tokopedia ). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(2), 1–13.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Alfabeta.
Timedoor. (2023). 5 E-commerce Marketplace Terbaik Indonesia. Timedoor. https://id.timedoor.net/blogs/5-E-commerce-Marketplace-Terbaik-di-Indonesia/
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.
Yusliani, Robyardi, E., & Novalia, N. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Palembang). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(5), 5575–5587.
Zulfikar, J. (2022). Pengaruh Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian dengan Online Customer Review Sebagai Variabel Moderasi. UIN Sunan Gunung Djati, Vol 12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inneke Febbyriyanti Rahayu, Yufenti Oktafiah, Dwita Laksmita Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah sebuah jurnal akses terbuka, yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau / nya lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
This is an open access journal, which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author.