Analisis Analisis Jual Beli Online Dengan Menggunakan Sistem Dropshipping dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Authors

  • Rizka Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Erdi Rujikartawi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhammad Sulaeman Jazuli Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.33752/bisei.v9i2.6494

Keywords:

Jual Beli Online, Dropshipping, Islam

Abstract

Salah satu metode berjualan online yang banyak digandrungi masyarakat saat ini adalah dropshipping. Sistem dropshipping terdiri dari tiga komponen: pemasok, dropshipper, dan pelanggan. Dropshipper menggunakan teknologi untuk memudahkan penjualan barang yang didapat dari supplier, dan dropshipper tidak perlu hadir untuk menjual barang ke pelanggan. Penelitian ini mengkaji penjualan internet dengan sistem dropshipping dalam perspektif Islam. Berdasarkan temuan penelitian, menjual barang secara online dengan sistem dropshipping tidak selalu berhasil karena dropshipper tidak selalu mengetahui nilai dan kondisi sebenarnya dari barang yang dijualnya. Kemudian tidak ada lagi unsur keterbukaan dari dropshipper ke pihak pembeli yang menggunakan sistem tekait, karena dapat mengakibatkan kerugian pada satu organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Nugroho. (2006). E-Commerce Memahami Perdagangan di Dunia Maya (Cetakan 1). Informatika.

Ahmad Wardi Muslich. (2010). Fiqh Muamalah. Amzah.

Akhmad Farroh Hasan. (2019). Fiqh Muamalah Dari Klasik Hingga Kontemporer. UIN Maliki Press.

Bustomi, A. O. (t.t.). TRANSAKSI DROPSHIPPING PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH.

Derry Iswidharmanjaya. (2012). Dropshipping cara mudah bisnis online. Elex Media Komputindo.

Fadhillah, N., & Alamin, Z. (2021). Jual Beli Online dengan Sistem Dropship dalam Perspektif Islam. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(2), 113–126. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i2.733

Haris Maulidi Asnawi. (2004). Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam. Magistra Insania Press.

Ikrima, S. (2023). Implementasi Jual Beli Online Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan Toko Mukena Murah Jambi Perspektif Ekonomi Islam.

Imanudi, R. (2019). Jual Beli Online Menggunakan Sistem Dropshipping Menurut Perspektif Hukum Islam. Indonesian Journal of Strategic Management, 2(1). https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i1.1857

Jefferly Helianthusonfri. (2013). Sukses Bisnis Toko Online. PT Elex Media Kompitundo.

Masjono, A. (t.t.). Hubungan Maisir, Gharar Dan Riba dengan Strategi Pembiayaan Berbasis Syariah Di Bank Muamalat Indonesia.

Maulana, S. M., & Susilo, H. (t.t.). IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE.

Nazaruddin, N. (2022). ANALISA RIBA DALAM PRAKTIK LEASING KENDARAAN. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.36769/ibest.v1i1.193

Novitasari. (2019). Analisis Transaksi Droshipping Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi Syariah, 2.

Purnomo Hadi. (2012). Jualan Online Tanpa Repot Dengan Dropshipping. PT. Elex Media Kompitundo.

Rahmat Syafe’i. (2001). Fiqh Muamlah. Pustaka Setia.

Rahmawati, Y., Azka, F. M., Wahyudi, M. A., & Bakri, S. (2022). Analisis Jual Beli Model Dropshipping Dalam Perpektif Etika Bisnis Islam. Acadmica Journal of Multidisciplinary Studies, 6. No. 2, 353–364. https://doi.org/10.22515/academica.v6i2.6152

Rianti, R. (2021). ANALISIS PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI PADA MARKETPLACE LAZADA. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i1.57

Salsabiila, Y., & Fajaruddin, A. (2020). ANALISIS MODEL DROPSHIPPING DALAM ETIKA BISNIS ISLAM. Journal of Islamic Economics and Philanthropy, 3(04). https://doi.org/10.21111/jiep.v3i04.5279

Siswadi, S. & Kamaliatul Fiqriyah. (2022). Jual Beli Sistem Dropshipping Menurut Perspektif Fiqih Muamalah (Study Kasus Pada Toko Etalase Hijab Sendangagung). AL-MAQASHID: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 01–09. https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.636

Sitti Nurfaika, M. I. (2021). Kewajiban Pendaftaran Sertifikasi Halal Pada Penyelenggara Jaminan Produk Halal; Perspektif Maqasid al-Syariah. Vol. 2 No. 2.

Soviana, R., & Abidin, Z. (2020). Analisis Sistem Dropship Marketing Perspektif Konsep Maqashid Syariah Al-Syatibi. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 3(1), 75. https://doi.org/10.21043/tawazun.v3i1.7533

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.

Suthorik Eri Nugroho, A. T. (2018). Sistem Dropshipping Menurut Ekonomi Islam. Human Falah, 5.

Triwibowo, A., & Adam, M. A. (t.t.). Etika Bisnis Islam Dalam Praktek Bisnis Di Era Digital Ekonomi.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Khoirunnisa, R., Rujikartawi, E., & Jazuli, M. S. (2024). Analisis Analisis Jual Beli Online Dengan Menggunakan Sistem Dropshipping dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 9(2), 111–118. https://doi.org/10.33752/bisei.v9i2.6494

Issue

Section

Artikel