Analisis Analisis Jual Beli Online Dengan Menggunakan Sistem Dropshipping dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
DOI:
https://doi.org/10.33752/bisei.v9i2.6494Keywords:
Jual Beli Online, Dropshipping, IslamAbstract
Salah satu metode berjualan online yang banyak digandrungi masyarakat saat ini adalah dropshipping. Sistem dropshipping terdiri dari tiga komponen: pemasok, dropshipper, dan pelanggan. Dropshipper menggunakan teknologi untuk memudahkan penjualan barang yang didapat dari supplier, dan dropshipper tidak perlu hadir untuk menjual barang ke pelanggan. Penelitian ini mengkaji penjualan internet dengan sistem dropshipping dalam perspektif Islam. Berdasarkan temuan penelitian, menjual barang secara online dengan sistem dropshipping tidak selalu berhasil karena dropshipper tidak selalu mengetahui nilai dan kondisi sebenarnya dari barang yang dijualnya. Kemudian tidak ada lagi unsur keterbukaan dari dropshipper ke pihak pembeli yang menggunakan sistem tekait, karena dapat mengakibatkan kerugian pada satu organisasi.
Downloads
References
Adi Nugroho. (2006). E-Commerce Memahami Perdagangan di Dunia Maya (Cetakan 1). Informatika.
Ahmad Wardi Muslich. (2010). Fiqh Muamalah. Amzah.
Akhmad Farroh Hasan. (2019). Fiqh Muamalah Dari Klasik Hingga Kontemporer. UIN Maliki Press.
Bustomi, A. O. (t.t.). TRANSAKSI DROPSHIPPING PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH.
Derry Iswidharmanjaya. (2012). Dropshipping cara mudah bisnis online. Elex Media Komputindo.
Fadhillah, N., & Alamin, Z. (2021). Jual Beli Online dengan Sistem Dropship dalam Perspektif Islam. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(2), 113–126. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i2.733
Haris Maulidi Asnawi. (2004). Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam. Magistra Insania Press.
Ikrima, S. (2023). Implementasi Jual Beli Online Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan Toko Mukena Murah Jambi Perspektif Ekonomi Islam.
Imanudi, R. (2019). Jual Beli Online Menggunakan Sistem Dropshipping Menurut Perspektif Hukum Islam. Indonesian Journal of Strategic Management, 2(1). https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i1.1857
Jefferly Helianthusonfri. (2013). Sukses Bisnis Toko Online. PT Elex Media Kompitundo.
Masjono, A. (t.t.). Hubungan Maisir, Gharar Dan Riba dengan Strategi Pembiayaan Berbasis Syariah Di Bank Muamalat Indonesia.
Maulana, S. M., & Susilo, H. (t.t.). IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE.
Nazaruddin, N. (2022). ANALISA RIBA DALAM PRAKTIK LEASING KENDARAAN. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.36769/ibest.v1i1.193
Novitasari. (2019). Analisis Transaksi Droshipping Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi Syariah, 2.
Purnomo Hadi. (2012). Jualan Online Tanpa Repot Dengan Dropshipping. PT. Elex Media Kompitundo.
Rahmat Syafe’i. (2001). Fiqh Muamlah. Pustaka Setia.
Rahmawati, Y., Azka, F. M., Wahyudi, M. A., & Bakri, S. (2022). Analisis Jual Beli Model Dropshipping Dalam Perpektif Etika Bisnis Islam. Acadmica Journal of Multidisciplinary Studies, 6. No. 2, 353–364. https://doi.org/10.22515/academica.v6i2.6152
Rianti, R. (2021). ANALISIS PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI PADA MARKETPLACE LAZADA. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i1.57
Salsabiila, Y., & Fajaruddin, A. (2020). ANALISIS MODEL DROPSHIPPING DALAM ETIKA BISNIS ISLAM. Journal of Islamic Economics and Philanthropy, 3(04). https://doi.org/10.21111/jiep.v3i04.5279
Siswadi, S. & Kamaliatul Fiqriyah. (2022). Jual Beli Sistem Dropshipping Menurut Perspektif Fiqih Muamalah (Study Kasus Pada Toko Etalase Hijab Sendangagung). AL-MAQASHID: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 01–09. https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.636
Sitti Nurfaika, M. I. (2021). Kewajiban Pendaftaran Sertifikasi Halal Pada Penyelenggara Jaminan Produk Halal; Perspektif Maqasid al-Syariah. Vol. 2 No. 2.
Soviana, R., & Abidin, Z. (2020). Analisis Sistem Dropship Marketing Perspektif Konsep Maqashid Syariah Al-Syatibi. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 3(1), 75. https://doi.org/10.21043/tawazun.v3i1.7533
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Suthorik Eri Nugroho, A. T. (2018). Sistem Dropshipping Menurut Ekonomi Islam. Human Falah, 5.
Triwibowo, A., & Adam, M. A. (t.t.). Etika Bisnis Islam Dalam Praktek Bisnis Di Era Digital Ekonomi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Khoirunnisa, Erdi Rujikartawi, Muhammad Sulaeman Jazuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah sebuah jurnal akses terbuka, yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau / nya lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
This is an open access journal, which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author.