PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI ALL NEW ERTIGA DI PT. SUZUKI AMM JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v5i3.7145Keywords:
Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen mobil Suzuki All New Ertiga di PT. Suzuki Abadi Megah Motor Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 50 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuessioner yang telah diujikan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel brand image (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat signifikan 0,027 < 0,05, dan variabel kualitas produk (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Hasil penelitian uji F menunjukkan hasil bahwa brand image/citra merek (X1) dan kualitas produk (X2) secara keseluruhan berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (Y) dibuktikan dengan nilai F sebesar 22,491 dan signifikansi 0,00 < 0,05.
Downloads
References
Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 53(9), 1689–1699.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Putra, D. A., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen UNISMA, 06(1), 122–129. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/276/322
Putri, H. A., & Sutrisna, E. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam Pekanbaru. 8.
Rifansyah, O., Karneli, O., & Heriyanto, M. (2021). Brand Image, Kualitas Produk, Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 15(3), 354–363.
Rumaladewi, N. K. B. I., & Taun, I. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Penggunaan Jasa Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Perak Di Sunaka Jewelry Celuk, Sukawati, Gianyar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 103. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2156
Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta, 8(1), 92–103.
Saridawati. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Suzuki Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Ertiga Pada PT. Suzuki Indomobil Sales. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(5), 1–9.
Santoso, Rohmad Prio. (2019) Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Keputusan Konsumen Dalam Membeli Makanan Gethuk Pisang Khas Kediri. Universitas Hasyim Asy’ari. BISEI : Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam. Volume 4 Nomor 1 Halaman 585-596 https://doi.org/10.33752/bisei.v4i01.442
Sudrajat, A., Nuraini, & Hamidi, M. J. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 168. https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3848
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ulfa Nahdliyah, Winaika Irawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.