PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI ALL NEW ERTIGA DI PT. SUZUKI AMM JOMBANG

Authors

  • Ulfa Nahdliyah Unversitas Hasyim Asy'ari
  • Winaika Irawati Unversitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i3.7145

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen mobil Suzuki All New Ertiga di PT. Suzuki Abadi Megah Motor Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 50 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuessioner yang telah diujikan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel brand image (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat signifikan 0,027 < 0,05, dan variabel kualitas produk (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Hasil penelitian uji F menunjukkan hasil bahwa brand image/citra merek (X1) dan kualitas produk (X2) secara keseluruhan berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (Y) dibuktikan dengan nilai F sebesar 22,491 dan signifikansi 0,00  < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 53(9), 1689–1699.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Putra, D. A., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen UNISMA, 06(1), 122–129. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/276/322

Putri, H. A., & Sutrisna, E. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam Pekanbaru. 8.

Rifansyah, O., Karneli, O., & Heriyanto, M. (2021). Brand Image, Kualitas Produk, Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 15(3), 354–363.

Rumaladewi, N. K. B. I., & Taun, I. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Penggunaan Jasa Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Perak Di Sunaka Jewelry Celuk, Sukawati, Gianyar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 103. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2156

Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta, 8(1), 92–103.

Saridawati. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Suzuki Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Ertiga Pada PT. Suzuki Indomobil Sales. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(5), 1–9.

Santoso, Rohmad Prio. (2019) Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Keputusan Konsumen Dalam Membeli Makanan Gethuk Pisang Khas Kediri. Universitas Hasyim Asy’ari. BISEI : Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam. Volume 4 Nomor 1 Halaman 585-596 https://doi.org/10.33752/bisei.v4i01.442

Sudrajat, A., Nuraini, & Hamidi, M. J. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 168. https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3848

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

Nahdliyah, U., & Irawati, W. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI ALL NEW ERTIGA DI PT. SUZUKI AMM JOMBANG. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(3), 241–246. https://doi.org/10.33752/bima.v5i3.7145

Issue

Section

Articles