Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang

Authors

  • Rana Kabbani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Rohmad Prio S Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5669

Keywords:

Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang. Metode pada riset ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel riset ini sebanyak 90 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Uji hipotesis pada riset ini yaitu uji t, uji R dan Uji F. Hasil dalam riset ini menyatakan bahwa : (1) Fasilitas memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang dengan nilai thitung 2,048 > ttabel 1,98761. (2) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang dengan nilai thitung 15,939 > ttabel 1,98761. (3) Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara bersamaan memiliki pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang dengan nilai Fhitung 137,705 > Ftabel 3,10 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, P.D.M. (2018). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Bayu Media.

Daris, Z., Sri, N., & Nur, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Klinik Global Sarana Medika). Jurnal Jiagabi, 9(2), hal. 185-191.

IT Rsnu Jombang. (n.d.). https://www.rsnujombang.com.

Asron, S., & Nurul, N. W. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Capella Dinamik Nusantara.” Open Journal System, 3(September), 531–541.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Santoso, Rohmad Prio.2022.Analisa Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Journal of Business and Innovation Management Volume 4 Nomor 3, Juni 2022:hal 565 - 598 https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.545

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Kabbani, R., & S, R. P. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 236–240. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5669

Issue

Section

Articles