Hubungan Dimensi Promosion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Makanan Coklat Tempe Khas Kediri Jawa Timur

Authors

  • Rohmad Prio Santoso Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5668

Keywords:

Dimensi Promotion Mix Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing, Public Relations

Abstract

Dampak pandemic covid 19 sangat berimbas pada sector ekonomi terutama UMKM, dimana keberhasil perekonomian nasional sangat bergantung pada berkembangnya perekonomian daerah. UMKM merupakan salah satu roda penggerak perekonomian daerah, semakin berkembangnya UMKM maka semakin meningkat pula tingkat perekonomian daerah. Perkembangan UMKM terutama UMKM kuliner sangat tergantung pada strategi pemasarannya. Dimensi promotion mix merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan keputusan pembelian suatu produk. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dan besar hubungan antara dimensi promotion mix yang terdiri advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, dan public relations dengan keputusan pembelian produk jajanan coklat tempe khas Kediri. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi pembelian produk jajan coklat tempe khas Kediri pada stan pameran UMKM pada hari jadi Kab Kediri tanggal 21 – 25 Juli 2022 di Simpang Lima Gumul Kab Kediri. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan teknik analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Dimensi promotion mix dengan keputusan pembelian jajanan coklat tempe khas Kediri. Dimensi promotion mix advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, dan public relations keefektifan dalam membujuk dan mempengaruhi konsumen terletak pada advertising, personal selling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Farhan dan Erni Martin. (2018) Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bright Gas (studi Pada Masyarakat Pengguna Bright Gas Di Kabupaten Garut). Universitas Telkom .eProceedings of Management vol. 5 no 2

Anggriani, N.L dan Arif Yusuf Hamali (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada Pt Tata Pusaka Sentosa Textile Mills Bandung. YUME : Journal of Management. Vol. 3 no 1 DOI: https://doi.org/10.2568/yum.v3i1.580

Chasanah, Nur dan Nyoman Puspadarmaja (2021). Pengaruh Strategi Public Relations terhadap Keputusan Pembelian di Bukalapak. STIKOM. Prosiding Hubungan Masyarakat. Volume 7, No. 1 http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27194

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Hafiyan Azmi, R dan Satya Indra Karsa (2022) Hubungan Promosi Penjualan dengan Keputusan Pembelian Konsumen saat Pandemi Covid-19. UNISBA. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK). Volume 2, No. 1, Juli 2022

Isdanov, Tovan dan Anne Ratnasari (2022). Hubungan Antara Direct Marketing dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi. Universitas Islam Bandung. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi. Vol 2 no 1 hal 13- 16. DOI : https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.811

Julitawaty, Wily , Frith Willy, dan Thomas Sumarsan Goh. (2020) pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor PT. Mega Anugrah Mandiri. STIE Professional Manajemen College Indonesia. Vol 6 no 1

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kurnia, Intan dan I Ketut Martana. (2017) Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Batu Pada PT. Agronesia Divisi Industri Es Saripetojo Bandung. ASM BSI Bandung. Jurnal Komunikasi, Volume VIII Nomor 2,

Livia Chaterina Junnifer, Yessica dan Yuliana (2022) Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Artotel Butik Hotel Surabaya. Petra Christian University. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMK) or Journal of Management and Entrepreneurship. Vol 24 no 2

Purnama, Ridwan dan Alfania Riska Pralina (2016). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran The Centrum Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.VI No.1 https://doi.org/10.17509/thej.v6i1.2008.g1390

Ruslan, A. (2014). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Santoso, Rohmad Prio. (2019) Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Keputusan Konsumen Dalam Membeli Makanan Gethuk Pisang Khas Kediri. Universitas Hasyim Asy’ari. BISEI : Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam. Volume 4 Nomor 1 Halaman 585-596 https://doi.org/10.33752/bisei.v4i01.442

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Yasin Anshary . M (2021). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kawasaki Ninja 250CC Pada PT Super Sukses Motor Kawasaki Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat (ULM). repo-mhs. https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/32750

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Santoso, R. P. (2023). Hubungan Dimensi Promosion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Makanan Coklat Tempe Khas Kediri Jawa Timur. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 228–235. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5668

Issue

Section

Articles