Pengaruh E-commerce, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee)

Authors

  • Lulu Nafisah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Rohmad Prio Santoso Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5647

Keywords:

E-commerce, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Yang Belanja Online Di Shopee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang belanja online di Shopee. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dan memperoleh 30 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee. (2) Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee. (3) Kualitas Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee. (4) E-commerce, Harga dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyanto dkk, 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga dan Kepercayaan Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Vol 7 No 1 ISSN (Online): 2337-3792

Ammerinda, Tirra. 2017.Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan. Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Nadindra Di Bandar.

Basu Swastha dan Istanti. 2013. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Brata, Barun, Hadi. Silvana, Husani. Hapzi, Ali. 2017. The Influence of Quality Product, Price, Promotion, and Location to Product Purchase on NitchiAt PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi ournal of Business and Manajement Studies, Vol.-2, ISSN.2415-6663, ISSN. 2415-6671, Hal: 433-445

Bairizki, Ahmad. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produksi Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD Ratna Cake and Cookies). Jurna Valid, Vol. 4, No. 2, Hal:71-86.

Channah, Asriyah 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifebuoy

Devi, Lenggang K.I. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Des Chandra Kusuma. 2017. Menjadi Kaya di Bisnis E-commerce. Jakarta: Gramedia

Febrianto, M.R. 2021.Pengaruh Variable Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Pembelian Online di Tokopedia. Universitas Widyagama Malang.

Fika, A.H. 2018. Pengaruh Reputasi Merek Dan Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi di Unit BRI Kecamatan Karangwuni Kabupaten Klaten Tahun 2018). Klaten: Universitas Widya Dharma.

Fitriyani, A. 2018. Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Commerce C2C Shopee). Makassar: UIN Alaudin.

Gunawan, Imam. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Handoko.2002. Manajemen Pemasaran. Badan penerbit IPWI. Jakarta.

Helmalia, H. & Afrinawati, A. 2018. Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. JEBI. Journal Ekonomi dan Bisnis.

Hendiana, R. & Aly AD. 2016. Transaksi Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Islam. IAIN Syekh Nurjati: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi.

Heriyanto, dkk. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Bukalapak. Universitas Islam Malang.

Hidayat dkk, 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee. e-jurnal Vol 09 No 11.

Ipa Audina, 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus pada Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang). Jurnal

Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty

Istanti Fredianaika, 2017. Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-Promosi terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya

Iwan Sidharta dan Boy, 2015. Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis.

J. Paul Peter dan Jerry C. Olson, 2000, Consumer Behavior Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

J. Stanton William, 1996, Prinsip Pemasaran Jilid 2, Edisi ketujuh, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Koto, Dessy Kartika F. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan”. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Kuswiranto, Bonifasius Aji. 2016. Memulai Usaha Itu Gampang. Jakarta: PT Visimedia. Pustaka.

Malau Herman, 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Puirih dkk, 2020. Fenomena Keputusan Pembelian dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Pedia di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol. 8 No.3 Hal 411-419

Saputra, A. 2017. Analisis Pengaruh Penerapan E-Commerce Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.OSF.

Setyarko, Yugi. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Vol. 5 No. 2

Sholihin, Dede 2020. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Online Shop Mikaylaku dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri Vol. 4 No. 1 38-51

Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Stanton, William J. 2008. Fundamental of Marketing. 10 Edition. Mc. Graw-Hill. International Edition, New York.

Tamara, Amelia 2020. Pengaruh Kualitas E-commerce dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen dalam Transaksi Belanja Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Trafena, Febi T 2016. “Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan”. E-journal “Acta Diurna” Volume V. No.1

Wijaya, Fredy 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”. Artikel Ilmiah – STIE Perbanas Surabaya.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Nafisah, L., & Santoso, R. P. (2022). Pengaruh E-commerce, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5647

Issue

Section

Articles