Strategi Penjualan Melalui Reseller Dan Dropshipper Pada Toko “Gudang Keramik” Surabaya Dalam Kondisi Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Iqbal Adi Wiranto Universitas Hasyim Asy'ari
  • Lilis Sugi Rahayu Ningsih Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5643

Keywords:

Reseller, Dropshipper, Tingkat Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pemasaran produk yang diterapkan Toko Gudang Keramik Surabaya terhadap tingkat penjualan produk disaat Pandemi Covid-19. Menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi data. Informan dalam penelitian yaitu Ahmad Zaeni Dahlan selaku Kepala Toko, Mustofa dan Ahmad Rudianto selaku bagian pemasaran, dan Beberapa anggota reseller dan dropshipper toko Gudang keramik Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh ternyata sistem reseller dan dropshipper berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan produk disaat pandemi.  Pada awal Pandemi Tingkat penjualan produk yang diukur dengan total nilai produk mengalami penurunan derastis hingga mencapai nilai Rp.28.000.000 pada bulan Mei 2020, dan setelah diterapkannya sistem reseller dan dropshipper Tingkat penjualan dapat terus meningkat hingga mencapai rekor tertinggi sebesar Rp.317.000.000. Hal ini menunjukkan adanya strategi reseller dan dropshipper berpengaruh positif terhadap Tingkat Penjualan Produk Toko Gudang Keramik Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu, S. (2008). Buku “Menejemen Pemasaran Modern”, Edisi 2. Yogyakarta: Liberty- Yogyakarta

Creswell, John W. 2015. Buku “Pendekatan metode Kualitatif, Kuantitatif, dan campuran”. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

David, F. R. (2011). Buku “Strategic Management Manajemen Strategi Konsep”, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Karim, Djamaluddin, dkk. 2014. “Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Manado Sejati Perkasa Group”, Jurnal EMBA, Vol.2, hal. 421-430

Kotler, P. (2009). Buku “Manajemen Pemasaran “, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2012. Buku “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanzeh, Ahmad. 2011. Buku “Metode Penelitian Praktis”. Yogyakarta: Teras.

Wahab, Muhammad Abdul. 2018. Buku “Halal Haram Dropshipping”. Jakarta Selatan: Rumah Fiqh Publishing.

Yustisia, Cita, dkk. 2013. “Buku Pintar Bisnis Online dan Transaksi Elektronik”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Wiranto, M. I. A., & Ningsih, L. S. R. (2022). Strategi Penjualan Melalui Reseller Dan Dropshipper Pada Toko “Gudang Keramik” Surabaya Dalam Kondisi Pandemi Covid-19. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5643

Issue

Section

Articles