Pengaruh Lingkungan’Kerja’dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Badan Waqaf KH. Adlan Aly (Studi Kasus Pada Unit Pendidikan MA dan SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Diwek Jombang)

Authors

  • Fajrina Rahma Zunitasari Universitas Hasyim Asy'ari
  • Mahfudiyanto Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5642

Keywords:

Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, Disiplin Kerja

Abstract

Penelitian’ini bertujuan’untuk menganalisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja’terhadap kinerja karyawan di Yayasan badan waqaf KH. Adlan Ali (studi kasus pada unit Pendidikan MA dan SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Diwek Jombang. Survei ini termasuk survei kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah staf atau karyawan di Yayasan badan waqaf KH. Adlan Aly, pada unit Pendidikan MA dan SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Diwek Jombang. Responden yang digunakan sebagai sampel sebanyak 35 responden dengan menggunakan metode sampling jenuh. Hasil’penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan” kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap: kinerja karyawan (2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap” kinerja karyawan (3) Lingkungan’kerja; dan disiplin kerja’berpengaruh*secara simultan; terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Afandi, Pandi (2018), Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Yogyakarta: Nusa Media

Ahmad Gunawan, Imam Sucipto, Suryadi.2018. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pada kantor Desa Pasirsari.” Jurnal IKRA – ITH Ekonomika Vol.3 No.1 hal.1 – 12

Diah Indriani Suwondo, Eddy Madiono Sutanto, 2015, Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Edison, Anwar, Komariyah.2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama Bandung: Alfabeta

Eko Widodo, Suparno.2015.” Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro

Harza, Maulana, Fakhrian, dkk. 2015, Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 22, No.1

Hasibuan, Melayu S.P (2017), Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan keduapuluh satu. Jakarta: Bumi Aksara

Sandy Martha, Muhammad. 2015. “Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating”. Tesis di Universitas Widayatama Bandung.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Sidanti, Heny. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja PNS di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal JIBEKA Vol 9 No 1 Februari 2015: 44-53. STIE Dharma Iswara Madiun.

Sinambela, P.L. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedua puluh lima. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, Wiratna.2019. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Pustakabaru Press

Sunyoto, Danang, 2015, Manajemen dan pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Caps.

Sumardi, (2016), Teori Kuesioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia, Jakarta: Caps.

Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M., 2015. Hubungan lingkungan kerja, disiplin kerja, dan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 135– 144. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.135

Wibowo (2016) Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT RajaGrafibdo Persada, Jakarta.

Wibowo. 2016. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuliandari, Bagia, dkk. 2014. “Pegaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian LOster Pada UD Yuri Desa Pangkung Buluh Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana”. Volume 2 (hlm.1-8)

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Zunitasari, F. R., & Mahfudiyanto. (2022). Pengaruh Lingkungan’Kerja’dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Badan Waqaf KH. Adlan Aly (Studi Kasus Pada Unit Pendidikan MA dan SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Diwek Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 36–45. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5642

Issue

Section

Articles