Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee di PPP Al – Istiqomah Cukir)

Authors

  • Nur Aini Universitas Hasyim Asy'ari
  • Lilis Sugi Rahayu Ningsih Universitas Hasyim Asy'ari
  • tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5640

Keywords:

Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee. Metode pengumpulan data penelitian melalui kuesioner yang dibagikan kepada santriwati pengguna Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah santriwati pengguna Shopee di PP Al Istiqomah. Sampel ditentukan dengan menggunakan simple random sampling dan memperoleh 44 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Online customer rating tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (3) Online customer review dan online customer rating secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Hasan.2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut Word of Mouth Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Dellarocas, C.2003. The Digitization of Word of Mouth: Promise and Challengesof online Feedback Mechanisms. Management Science 49.

Elwalda, A. 2013. Perceived Derived Attributes of Online Customer Reviews. Computers in Human Behavior (56).

Farki, Ahmad., Imam Baihaqi, dan Berto Mulia Wibawa. 2016. Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS 5.1: 2301-9271.

Flanagin, A. J., & Metzger, M. J. 2007. The Role of Site Features, User Attributes, and Information Verification Behaviors On The Perceived Credibility of Web-based Information. New Media.

Ghozali, . 2016. Aplikasi dan Analisis Multivariate dengan Proses SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hasanah, Nuramalia dkk. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Kotler, Philip dan Amstrong. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Kotler, Philip dan Kevine Lane Keller. 2016. Marketing Management. Pearson.

Kuswati, Rini., dan Amalia Saleha. 2018. Antecedents of Online Purchasing Behavior Antesenden Perilaku Pembelian Secara Daring. Antecedents of Online 3.2: 39-48.

Lackermair, G, D. Kailer and K, Kanmaz. 2013. Importance of Online Product Reviews From A Consumer’s Perspective. Advances in Eonomics and Business, 1(1), 1-5.

Lee, et al. 2019. Pemasaran Dalam Dunia Digital. Penerbitan Grup Zamrud.

Masyita, I. et al.2018. Pengaruh Customer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopedia di Wilayah DKI Jakarta. Journal of Management 5.2: 1828.

Rubin, A.; Babbie, E. R. 2019. Essential Research Methods for Social Work. London : Cengage Learning.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Definisi Perilaku Konsumen, Buku Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabetam.

Sujarweni, Wiratna.2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Spielberger, Charles. 2004. Ensiklopedia Psikologi Terapan. Pers Akademik.

Tsang, A., & Prendergast, G. 2019. Is a “star” worth a thousand words? European Journal of Marketing, 43 (11/12).

Zhang, K. Z. K., Zhao, S. J., Cheung, C. M. K. O. 2019. Examining The Influence of Online Reviews on Consumers. Decision Support System.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Aini, N., Ningsih, L. S. R., & Sudarwanto, tri. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee di PPP Al – Istiqomah Cukir). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 18–28. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5640

Issue

Section

Articles