Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Sumber Alam Unggul Jombang

Authors

  • Winda Ayu Fabella Universitas Hasyim Asy'ari
  • Agus Frianto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5638

Keywords:

Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan secara efektif dan efisien tergantung dari kinerja pegawainya. Upaya dalam meningkatkan kinerja dalam organisasi dapat dilakukan dengan diberikannya pelatihan kerja yang efektif dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dan menggunakan kausal atau sebab akibat yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Sumber Alam Unggul Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 orang.Teknik pengambilan sample adalah menggunakan teknik sample jenuh yang menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan Software Program SPSS Versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelatihan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai pada PT. Sumber Alam Unggul Jombang, (2) Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai pada PT. Sumber Alam Unggul Jombang, (3) Pelatihan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai pada PT. Sumber Alam Unggul Jombang. Sesuai dari hasil penelitian, maka disarankan kepada pimpinan guna memperhatikan kembali kebutuhan-kebutuhan dalam pelatihan dan memperhatikan lagi lingkungan kerja yan ada di perusahaan baik secara fisik maupun non fisik guna meningkatkan kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah. 2017. Pengaruh Efektivitas Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Keorganisasian Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Jasa Raharja Cabang Jambi. Jurnal of Economics and Business Vol. 1 No.1.

Fransisca, Chareen dkk. 2019. Pengaruh Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Koperasi Umkm Provinsi Sulawesi Tengah. Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol. 5, No. 1.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanto, Kun Sri. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Pendidikan Dan Pelatihan, Kompensasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan. JIEB (ISSN: 2442-4560) available online at: ejournal.stiepancasetia.ac.id.

Ishak, Aditya P. dkk. 2016. Lingkungan Kerja, Pelatihan, Dan Pemberdayaan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Asuransi Jiwasraya Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado Jurnal EMBA Vol.4 No.2.

Prasetya, Lucky dkk. 2020. Pengaruh Kompensasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Non PNS Melalui Kepuasan Kerja Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro. Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online) Vol. 4 No. 3.

Pratama, Yosef Ferry dan Dian Wismar’ein. 2018. Pengaruh Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Muria Kudus. Business Management Analysis Journal (BMAJ) Vol. 1 No. 1.

Priyatno, Dwi. 2018. SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta. ANDI (anggota IKAPI)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Fabella, W. A., & Frianto, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Sumber Alam Unggul Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5638

Issue

Section

Articles