Analisa Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Golden Swalayan Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5587Keywords:
Store Atmosphere, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan variabel lokasi swalayan, tata letak, teknik visual display terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui apakah tingkat kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, yang terdiri dari variablel lokasi, tata letak dan (Teknik Visual Display) dan kepuasan pelanggan. Populasi yang diambil adalah semua pengunjung dari golden swalayan yang melakukan belanja sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 72 responden. Untuk Teknik analisis menggunakan teknik path analysis. Hasil dalam penelitian ini, menjelaskan terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel lokasi (X1), tata letak (X2) dan Teknik Visual Display (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) golden swalayan Kediri sedangkan rumusan kedua terdapat pengaruh antara kepuasan pelanggan (Y1) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubung dengan hasil penelitian yang diperoleh adalah supaya menajemen swalayan agar mempertahankan prestasi yang selama ini golden capai dengan memperhatikan semua semua unsur pemasaran terutama unsur tata letak dan teknik visual display yang diperkirakan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membantu memasarkan swalayan sehingga menambah loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakrta: Rineka Cipta
Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Bungin, Burhan. 2006. Medologi Penelitian Kuantitatif. Edisi dua. Jakarta: Kencana
Engel, James, F, Blackwell, Roger, D & Miniard, paul, W. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta. Binarupa Aksara
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta. Jones, Thomas, and W. Earl Sasser. Jr, 1994, Marketing (Second Edition), United States of America: Me Grow Hill Inc.
Kotler, Philip.1997a. Manajemen Pemasaran:Marketing Managemen Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhalindo
Kotler. 2009. Marketing Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Lupiyadi, Rambat.2001. Manajemen Pemasaran Jasa dan Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat
Malhotra, Naresh K. 1999, Marketing Research: An Applied Orientation Edition, New Kersey, Prentice Hall.
Manampiring, A., dan Wenas, R. 2016. Analisis Produk, Harga, Lokasi, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kartu Kredit PT. Bank Mandiri Tbk. Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 164–176.
Omar, O.E. 1999. Retail Marketing. Harlow, England: Perason Education.
Peter, Paul, J.& Olson, Jerry, C.1999a. Customer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Sistaningrum, Widyaningtyas. 2000. Manajemen Penjualan Produk. Yogakarta: Kanisius
Sigit Triyono. 2006, Sukses Terpadu Bisnis Ritel, PT. Elex Media Komputindo. Sugiyono, 1997. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2002, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta. Suhartono, Ani Wijayanti.2004 Pentingnya Perilaku Konsumen Dalam
Menciptakan Iklan Yang Efektif.Jurnal Universitas Kristen Petra
Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Turley, L.W dan Ronald E Miliman. 2000. Atmospheric Effect On Shopping Behavior: A Review Of The Experimental Evidance. Halaman 193-211
Jurnal Of Bussniness Research
Yazid. 1999. Pemasaran Jasa dan Implementasi. Yogyakarta : Ekonisia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rohmad Prio Santoso
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.