Pengaruh Kualitas Pelayanan dan CRM (Costomer Relationship Manajement) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan PT. SBC Group Berkah Bersama)
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5586Keywords:
Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Manajement, Kepuasan PelangganAbstract
Produsen atau penjual berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan serta memberikan kepuasan secara maksimal kepada konsumen. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan CRM (Customer Relationship Manajement). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif, Data yang digunakan data primer dan data sekunder, populasi sebanyak 50 pelanggan dengan sampel penelitian sebanyak 30 Pelanggan. Teknik pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolonieritas, autokorelasi, linieritas), sedangkan uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara Kualitas layanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada PT. SBC Group Berkah Bersama (2) Terdapat pengaruh antara Costomer Relationship Manajement (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada PT. SBC Group Berkah Bersama (3) Kualitas layanan (X1) dan Costomer Relationship Manajement (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen PT. SBC Group Berkah Bersama.
Downloads
References
Cahyo, A. N. 2018. Pengaruh Harga Kompetitif, Pemasaran Digital Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Fiber (Studi Kasus I Pt Telekomunikasi Indonesia,Tbk. Datel Wonogiri). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Hermawan, H. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 1 No. 2.
Jiptono. 2011. Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J & T Di Muara
Bulian. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Karya Muara Bulian.
Karim, Djamaluddin, Dkk. 2014. “Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Manado Sejati Perkasa Group”,
Jurnal Emba, Vol.2, Hal. 421-430
Pandensolang, J. D. 2015. Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola
Pada Pt. Bangun Wenang Beverges Company Di Manad. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.
Permatasari, Y. A. 2020. Penerapan Bauran Pemasaran Unit Angkutan Barang Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6.
Program Studi Manajemen Program Diploma Iii Universitas Islam Indonesia.
Rachmawati, Rina. 2011. “Peranan Bauran (Marketing Mix) Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Study Bisnis Restoran”.
Jurnal Ekonomidan Bisnis Islam. Vol. 2: Hal.23
Sastradipoera. 2017. “Manajemen Marketing Suatu Pendekatan Ramuan Marketing”. Bandung: Kapp-Sigma.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Ali Lutfi, Rohmad Prio Santoso
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.