Perspektif Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Aplikasi Belanja Online Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Desa Sungai Perpat Inhil Riau)

Authors

  • Dewi Fitriani Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5576

Keywords:

Perilaku Konsumen, Belanja Online, Aplikasi Belanja Online

Abstract

Penelitian Perpspektif Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Aplikasi Belanja Online Lazada( Studi kasus pada mahasiswa Desa Sungai Perpat). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena data penelitian bukan berupa angka angka metode penelitian kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berorientasi pada gejala gejala yang bersifat alamiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Penyebaran angket, wawancara, observasi serta triangulasi. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Desa Sungai Perpat yang menggunakan aplikasi belanja online Lazada dengan keseluruhan 10 orang responden dari penyebaran angket dan 5 orang informan dari wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari penyebaran angket bahwa yang mempengaruhi responden dalam menggunakan aplikasi belanja online Lazada yaitu kemudahan, kepuasan, motivasi dan keamanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilang, (2014).’’ Persepsi, Sikap, dan Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online’’. Jurnal EMBA Vol.2 No.1 Maret 2014

Aisyah, Edina. (2012). ‘’Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian black berry’’.Jurnal Institut Manajemen Telkom

Astasari, Apriyanti. 2018. Faktor factor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online pada Mahasiswa. Jurnal Universitas Negri Yogyakarta

Bugin, Burhan 2009.Metodologi Penelitian Kuantitatif:Kencana Prenada, Jakarta

Devica, Sadana. (2020). ‘’Persepsi Konsumen terhadap Flash Sale Belanja Online dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian’’. Jurnal Manajemen. VOL.4, No.1.

Eka Saputri, Marheni. (2016). ‘’Pengaruh perilaku Konsumen terhadap pembelian Online produk fashion pada Zalora Indonesia’’. Jurnal Komunikasi dan Bisnis. VOL.15.No.02

Hanifah, Nurul. (2020). ‘’Analisis Perilaku Konsumen dalam Memutuskan Pembelian Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19’’. Jurnal

Manajemen dan Keuangan. VOL.8, No.2

Indrajaya, Sanay.2016. Analisa Kemudahan Belanja, Kualitas Produk Belanja di Toko Online. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. Jilid.5 No.2

Kotler,Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edition 14, England: Pearson Education

Luqman, Yanuar. (2020). ‘’Pengaruh Terpaan Iklan Televisi dan Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian di Situs Buka Lapal’’. Jurnal Ilmu social dan Politik. Universitas di Ponegoro.

Minor, Michael, (2002). Perilaku Konsumen: Erlangga, Jakarta

Olson, Jerry C.(2018). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran,: Salemba Empat, Jakarta

Picauly, Donald. (2015). ‘’Faktor Faktor yang Mmempengaruhi Perilaku Belanja Online’’. Jurnal Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta. VOL.7, No. 2

Parhusip, Austin Alexande. (2020). ‘’Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian terhadap Minat Beli Secara Online’’. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. VOL.5, No.2.

Sari, Chaca Andira.( 2015). ‘’Perilaku Belanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi’’. Jurnal FISIP. VOL. 4, No. 2

Shavitri, Ayun, 2020. Perilaku Belanja Online Pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal IAIN Purwokerto

Sholihin, (2019). “Perilaku Konsumen Dalam Belanja Online’’. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. VOL 4, No, 1

Suryani, T. 2008, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi pada Strategi Pemasaran.: Graha Ilmu, Yogyakarta

Sugiyono,2009, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D(Bandung:CV.alfabeta)

Sulistyo Nugroho Adi, S.Kom., M.M.,M.Sc,2016 E-Commerce; Teori Dan Implemetasi: Ekuilibra, Yogyakarta

Downloads

Published

2022-06-10

How to Cite

Fitriani, D. (2022). Perspektif Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Aplikasi Belanja Online Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Desa Sungai Perpat Inhil Riau) . BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(3), 544–560. https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5576

Issue

Section

Articles