Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang)

Authors

  • Maulana Abidin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Winaika Irawati Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5558

Keywords:

Inovasi Produk, Kualitas Produk, Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk    menganalisis    pengaruh  inovasi  produk    dan kualitas  produk  terhadap  keunggulan  bersaing.  Metodologi  penelitian pada  Koperasi Susu SAE Pujon Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian  kuantitatif. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  konsumen  yang membeli produk di Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang. Sampel ditentukan dengan sampling insidental  dan  memperoleh  100  responden  sebagai  sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan  bersaing  pada  konsumen  Koperasi  Susu SAE  Pujon  Kab.  Malang (2)  Kualitas produk  berpengaruh terhadap keunggulan  bersaing  pada konsumen Koperasi Susu SAE Pujon  Kab. Malang (3) Inovasi produk dan kualitas  produk berpengaruh  secara simultan  terhadap  keunggulan  bersaing pada  konsumen  konsumen  Koperasi Susu  SAE Pujon  Kab. Malang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Eko R. V. 2019. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Mc Donald’s Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/

Al-kubra, Syarah S. 2019. Kinerja Usaha Sebagai Dampak Dari Orientasi Pasar Melalui Keunggulan Bersaing (Survei Pada Sentra Pengolahan Limbah Garment Babakan Tasikmalaya). Skripsi,Bandung: Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1871/

Bagaskara, Tri Y. 2019. Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Woodenway. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20648

Beben Bahrena, Indi R., Edy S.. 2018 Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing Dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol 3 (1) : 18-8 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Dwiyanto, Dicky R. 2019. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Topi Rahayu Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1875/

Erni Jayaningrum. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing

dan Kinerja Pemasaran (Studi pada kuliner kafe Kota Malang). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya. https://repository.ub.ac.id

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Fatma N., Akhmad S., Anna N. F. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Sasirangan Di Wilayah Kota Banjarmasin). Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia 1(01):39– 54 http://feb.jtam.unlam.ac.id

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Edisi ke Sembilan. Semarang: Universitas Diponegoro. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2019), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Muhammad Bukhori D. 2017 Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi PasarDan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Vol 3 (1) : 18-31 http://ojs.uma.ac.id/

Rahmat S., Moh. 2016. Pengaruh Atribut Produk, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Produk PadaUMKM Tenun Ikat Aam Putra Bandar Kidul Kota Kediri.. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI https:// simki.unpkediri.ac.id

Richard C., Eugine T. M. 2017 The influence of brand awareness, brand association and product quality onbrand loyalty and repurchase intention: a case of male consumers for cosmetic brands in South Africa. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR). 12(1): 143-154 http:// jbrmr.com

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kedua: Cetakan ke satu, Bandung: Alfabeta.

Tulus Haryono & Sabar Marniyati. 2017. Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk Dan KualitasProduk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17(2), 51–68. https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/17174

Victor Ringhard Pattipeilohy. 2018. Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing PengaruhnyaTerhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66–73. http://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/78

Winda Ayu Lestari., Apri B., Iwan S. 2020. Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Jurnal. 2(1), 38–48. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2451

Wuryanti K., Wa Ode S.2018 Achieving sustainable competitive advantage through product innovation and market driving. College of Management, National Cheng Kung University. Production and hosting by Elsevier Taiwan LLC. All rightsoreserved. (23): 186-192

http://elsevier.com/locate/apmrv

Yamirudin. 2019. Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dan Keunggulan Bersaing (Studi Pada Sentra UKM Gerabah Di Kasongan Bantul Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. Https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18312

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Abidin, M., & Irawati, W. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang) . BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(3), 428–441. https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5558

Issue

Section

Articles