Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang)
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5558Keywords:
Inovasi Produk, Kualitas Produk, Keunggulan BersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing. Metodologi penelitian pada Koperasi Susu SAE Pujon Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk di Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang. Sampel ditentukan dengan sampling insidental dan memperoleh 100 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada konsumen Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang (2) Kualitas produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada konsumen Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang (3) Inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing pada konsumen konsumen Koperasi Susu SAE Pujon Kab. Malang
Downloads
References
Akbar, Eko R. V. 2019. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Mc Donald’s Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/
Al-kubra, Syarah S. 2019. Kinerja Usaha Sebagai Dampak Dari Orientasi Pasar Melalui Keunggulan Bersaing (Survei Pada Sentra Pengolahan Limbah Garment Babakan Tasikmalaya). Skripsi,Bandung: Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1871/
Bagaskara, Tri Y. 2019. Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Woodenway. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20648
Beben Bahrena, Indi R., Edy S.. 2018 Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing Dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol 3 (1) : 18-8 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem
Dwiyanto, Dicky R. 2019. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Topi Rahayu Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1875/
Erni Jayaningrum. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing
dan Kinerja Pemasaran (Studi pada kuliner kafe Kota Malang). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya. https://repository.ub.ac.id
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Fatma N., Akhmad S., Anna N. F. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Sasirangan Di Wilayah Kota Banjarmasin). Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia 1(01):39– 54 http://feb.jtam.unlam.ac.id
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Edisi ke Sembilan. Semarang: Universitas Diponegoro. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2019), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Muhammad Bukhori D. 2017 Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi PasarDan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Vol 3 (1) : 18-31 http://ojs.uma.ac.id/
Rahmat S., Moh. 2016. Pengaruh Atribut Produk, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Produk PadaUMKM Tenun Ikat Aam Putra Bandar Kidul Kota Kediri.. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI https:// simki.unpkediri.ac.id
Richard C., Eugine T. M. 2017 The influence of brand awareness, brand association and product quality onbrand loyalty and repurchase intention: a case of male consumers for cosmetic brands in South Africa. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR). 12(1): 143-154 http:// jbrmr.com
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kedua: Cetakan ke satu, Bandung: Alfabeta.
Tulus Haryono & Sabar Marniyati. 2017. Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk Dan KualitasProduk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17(2), 51–68. https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/17174
Victor Ringhard Pattipeilohy. 2018. Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing PengaruhnyaTerhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66–73. http://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/78
Winda Ayu Lestari., Apri B., Iwan S. 2020. Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Jurnal. 2(1), 38–48. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2451
Wuryanti K., Wa Ode S.2018 Achieving sustainable competitive advantage through product innovation and market driving. College of Management, National Cheng Kung University. Production and hosting by Elsevier Taiwan LLC. All rightsoreserved. (23): 186-192
http://elsevier.com/locate/apmrv
Yamirudin. 2019. Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dan Keunggulan Bersaing (Studi Pada Sentra UKM Gerabah Di Kasongan Bantul Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. Https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18312
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maulana Abidin, Winaika Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.