Pengaruh Online Customer Riview dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang)

Authors

  • Desi Intan Komariyah Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5551

Keywords:

Online Customer Review, Rating dan Minat Pembelian

Abstract

Penelitian analisis  pengaruh online customer review dan rating terhadap minat pembelian online shopee pada santri putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 60 responden. Hasil penelitian ini menyatakan online customer review dan rating masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian dilihat dari hasil uji t yang menyatakan nilai thitung variabel online customer review 2,419 > ttabel  sebesar 1,6715 dan nilai signifikasi 0,019 < 0,05 kemudian Nilai thitung  variabel rating 13,792 > ttabel  sebesar 1,6715 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Online customer review dan rating bersama-sama berpengaruh secara positif an signifikan terhadap minat pembelian dilihat dari hasil uji f yang menyatakan nilai Fhitung  sebesar 94,405 > Ftabel   sebesar 3,16 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hipotesis pada penelitian ini dapat diterima, oleh karena itu online customer review dan rating termasuk dalam faktor penting yang mempengaruhi minat pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aftika, S., Kartika, W., Widyasari, S & Sanjaya, F. 2020. Pengaruh Rating Review Belanja Di Shopee Terhadap Minat Beli. Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Raden Intan Lampung. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB). Vol.33 No.2 Hal:1858-3199

Andriati, Nugraha Astri. 2018. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Semarang: Universitas Diponegoro.

Arifin, Zainul. Inggang Perwangsa Nuralam. 2017. Pengaruh Artificial Intelligence dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Malang: UMM.

Chakraborty, Uttam. 2019. “The Impact Of Source Credible Onine Reviews On Purchase Intention” The mediating roles of brand equity dimensions . Jornal of Reseacrh in Interactive Marketing Vol.13 No.2,2019 PP.142-161. DOI: 10.1108/JRIM-06-2018-0080. available on: www.emeraldinsight.com/2040-7122.htm

Farki, Ahmad. 2016. Pengaruh Oniline Customer Review Dan Ranting Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Marketplace Di Indonesia. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Febriana,Mitha & Yulianto, Edy. 2018. Pengaruh Online Customer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 58 No.1.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit-Undip.

Hasrul, A.F., Suharyati & Sembiring, R. 2021. Analisis Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Elektronik Di Tokopedia. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Vol.02 hal 1352-1365

Price. 2020. Peta Persaingan E-commerce Q3 2020. (https://iprice.co.id/trend/insights/report-peta-persaingan-e-commerce-q3-2020/) diakses pada: 28 November 2020.

Jacobsen, S. 2018. Ehy did you buy this? The effect of WOM and reviews on post purchase attribution for product outcomes. Journal of Research in Interactive Marketing. Vol. 12 No. 3. Pp 370-395.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. 15th Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Lee, W.I., Cheng, S.Y. and shih, Y.T. 2017. Effect among product attributes, involvement, word-of-mout, and purchase intention in online shopping. Asia Pasific management review. Vol.22 N0.4. pp. 1-7.

Malau, Herman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta

Masyita, Ichsan, Dr. Helni Mutiarsih Jumhur,S.H.,M.Hum. ,Ir. Soeparwoto Dharmoputra,Mbt. . 2018. Pengaruh Online Customer Review terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopeia di Wilayah DKI Jakarta. Journal of Management. Vol.5. No.2

Megawati, Nana Septi. 2019. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Lazada Pada Mahasiswa FEB UNILA). Lampung: Universita Negeri Islam Lampung.

Meidhiyanti, RR Irish Reza. 2020. Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Dan Online Customer Review And Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Minat Beli Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Salatiga: IAIN Salatiga

Mitafitrotin dan Desak Made Febri Purnama Sari. 2020. Perceived Price, Product Design dan Online Customer review terhadap Purchase Intention Pada Produk Wardah Di Marketplace Shopee Mall.Vol. 5 No. 1.

O’neil, J. And Eisenmann,M. 2017. An examination of how source classification impacts cedibility and consumer behavior. Public Relation Review . vol.43 No.2. pp 278-292.

Sampouv, Christine Pingkan., Wulandari, Astri. 2020. Proses Pengambilan Keputusan Dalam Belanja Online “Shopee” Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen. Jurnal Of Media and Communication Sciene Vol.3, No.2

Sari, Puspita Kencana, Andry Alamsyah, Sulistyo Wibowo. 2018. Measuring E-commerce Service Quality From Online Customer Review Using Sentiment Analysis Case Study: Tokopedia. Bandung: Telkom University.

Sirclo. 2020. 6 Kategori Produk yang Laris dijual di Marketplace, Apa saja?. (https://www.sirclo.com/6-kategori-produk-yang-laris-dijual-di-marketplace-apa-saja/) diakses pada: 17 Maret 2020

Solihin, Dede. 2020. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. Vol.4 No.1 Hal:2580-3220

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tempo.co. 2017. “Survei : Perempuan Lebih sering berbelanja Online dibanding Pria”.(https://cantik.tempo.co/read/885242/survei-perempuan-lebih-sering-belanja-online-dibanding-pria/full&view=ok) diakses pada: 07 Maret 2020

Tim Survei APJII. 2019. “Data Survei APJII 2019-2020” (https://apjii.or.id/survei2019x/download/9scgmNOShBxoaGPM0ztZL72C1in8uX, diakses 02 Maret 2021)

Widokarti, J.R. & D.J.P . 2019. Konsumen Pemasaran Komunikasi Kontemporer

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Komariyah, D. I. (2022). Pengaruh Online Customer Riview dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 343–358. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5551

Issue

Section

Articles