Pengaruh Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara X Ajong Gayasan Kabupaten Jember

Authors

  • Lisa Sukmawati Universitas Hasyim Asy'ari
  • Mahfudiyanto Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5550

Keywords:

Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, Produktivitas Kerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara X Ajong Gayasan Kabupaten Jember. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk menjawab tujuan dari penelitian maka data di analisis menggunakan analisa regresi linier berganda. Untuk mengetahui ditolak maupun diterimanya hipotesis yang diujikan pada penelitian ini digunakan uji t dan uji f. Untuk mengetahui presentase variabel dependen yang disebabkan oleh variabel independen maka digunakan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Perkebunan Nusantara X Ajong Gayasan Kabupaten Jember. Sampel ditentukan dengan sampling jenuh dan memperoleh 40 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan (2) budaya organisasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan (3) Komitmen organisasi dan budaya organisasi berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gabriella, Viktor P. K. Lengkong, Lucky O. H. Dotulong. 2019. "Pengaruh Komitmen Organisasi , Budaya Organisasi , dan Karakteristik Kantor Cabang Manado Tikala". Emba. Vol. 7 (2): hal. 2531–2540.

Hernawaty. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Budaya terhadap Produktivitas Karyawan pada PT. Home Center Medan. Jurnal SMART, Vol. I No 1 : 1-10.

Novelia, Mery. Dkk. 2016. "Pengaruh Komitmen dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja (Studi Pada Tenaga Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan)". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Salim, Agus. 2017 Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT. Karina Muara Badak.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan ke enam. Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Sukmawati, L., & Mahfudiyanto. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara X Ajong Gayasan Kabupaten Jember. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5550

Issue

Section

Articles