Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Bagian Pelinting Di KSU PERDULA Ngoro Jombang)

Authors

  • Muhyiddin Lubis Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5541

Keywords:

Motivasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara motivasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (studi kasus pada bagian pelinting di KSU PERDULA Ngoro Jombang). Metode yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 92 orang responden yang merupakan karyawan tetap pada KSU PERDULA Ngoro Jombang dengan menggunakan teknik random sampling dan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam analisis data menggunakan metode statistik dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan KSU PERDULA Ngoro Jombang, (2) Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada KSU PERDULA Ngoro Jombang, (3) Motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada KSU PERDULA Ngoro Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiyanto, Kartono, Asnawi, Tety, dan Susilawati. 2019. “Pengaruh lLingkugan Kerja dan Motivasi terhadap iKepuasan iKerja dan idampaknya terhadap Kinerja iPegawai pada iKantor Pertanahan iKabupaten Merangin lProvinsi Jambi”. Jurnal iManajemen dan Sains. Vol. 4 (1): hal. 142-155.

Ardianti, Febry Erfin, Qomariah, Nurul, dan Wibowo, Yohanes Gunawan. 2018. “Pengaruh Motivasi iKerja, Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja iKaryawan (Studi Kasus di PT. Sumber Alam Santoso Pratama karangsari Banyuwangi)”. Jurnal iSains Manajemen dan Bisnis Indonesia. Vol. 8 (1): hal. 13-31.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi iAnalisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan iPenerbit Universitas iDiponegoro.

Hasyim. 2018. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Alaska Mandiri Cemerlang di Makassar”. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan. Vol. 7 (1): hal. 50-61.

Retnosari, Alienda P. 2017. “Pengaruh iKompensasi, iMotivasi, dan Lingkungan lKerja iterhadap Kepuasan iKerja Karyawan di Kolsultan lPajak Drs. Lim Yung San idan Rekan”. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. Vol. 9 (1): hal. 28-52.

Sugiono. 2017. iMetode Penelitian lKuantitatif, Kualitatif, idan R&D. lBandung: iAlfabeta.

Wansyahdio, Hasnur. 2015. “Pengaruh Motivasi iKerja idan Lingkungan iKerja terhadap iKepuasan Kerja iKaryawan pada Pabrik iPT. iEka Dura iIndonesia (Palm lOil Mill) iRokan Hulu”. Jurnal iOnline Mahasiswa lBidang Ilmu Sosial idan Ilmu iPolitik. Vol. 2 (2): hal. 1-14.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Lubis, M. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Bagian Pelinting Di KSU PERDULA Ngoro Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 271–282. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5541

Issue

Section

Articles