Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Santri Mart Tebuireng Jombang)

Authors

  • Hanin Hanifah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tri Sudarwanto Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5502

Keywords:

Lokasi, Produk, Harga, Promosi, Atmosfer, Ritel Servis, Minat Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran ritel terhadap minat beli konsumen pada santri mart tebuireng. Jenis penelitian ini adalah verifikatif atau penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 responden. Jumlah sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel bauran pemasaran ritel. Hasil yang diperoleh variabel lokasi berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen. Variabel produk berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen. Variabel harga berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen. Variabel promosi berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen. Variabel atmosfir berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen dan variabel ritel servis berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen pada Santri Mart Tebuireng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Widyaningrum, Nilam. 2017. “Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsuen pada Produk Crispy Rice Crackers”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol.1:hal.636.

Hendrayani. 2019. “Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen di Planet Mall Penakukang Makasar”. Jurnal Economix. Vol.7:hal.40.

Ma’ruf, Hendri. 2018. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurul Rizki Riri, Wardhana Aditya. 2016. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Caffe Bene Bandung”. Jurnal e-Proceeding of Management. Vol.3, No.2

Purti Utami, Ruri, Saputra Hendra. 2017. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan”. Jurnal Niagawan. Vol.6, Hal.48.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suhartanto, Dwi dkk. 2017. Ritel Pengelolaan dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Hanifah, H., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Santri Mart Tebuireng Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 223–236. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5502

Issue

Section

Articles