Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studia Pada Konsumen Toko Pakaian Dhyhijab Jombang)

Authors

  • Yuyun Rifatin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5495

Keywords:

Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Impulse Buying

Abstract

 

Penelitiana ini dilatar belakangi dengan munculnya berbagai butik dan toko pakaian di berbagai kota seluruh Indonesia yang mengakibatkan persaingan lebih terasa, membuat masyarakat menjadi konsumtif karena didukung dengan sarana belanja yang memadai. Penelitianainiabertujuanauntukaamengetahuiaapengaruh shopping  lifestylea dana fashiona involvementa terhadapa impulsea buying. Obyek dari penelitian ini adalah konsumen toko pakaian Dhyhijab Jombang. Penelitian inia menggunakana teknika purposivea samplinga terhadap 100 konsumen yang pernah melakukan pembelian di toko pakaian Dhyhijab Jombang. Hasilaapenelitianaamenunjukkanaabahwaa: (1) shopping lifestyle memberikan pengaruh terhadap impulse buying pada konsumen toko pakaian Dhyhijab Jombang secara parsial (2) fashion involvement memberikan pengaruh secara parsial terhadap impulse buying pada konsumen toko pakaian Dhyhijab Jombang (3) shoppinga lifestyle dana fashiona involvementa memberikan pengaruh terhadapa impulsea buyinga padaa konsumena tokoa pakaiana Dhyhijab Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Kholikuddin. Rachma, N. ABS, M. Khoirul. 2019. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Toko Three Second Jalan Soekarno Hatta Malang)”. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma. Vol. 8 (20): hal. 115.

Chusniasari dan Prijati. 2015. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan (Studi pada Konsumen wanita di Pointbreak Tunjungan Plaza Surabaya)”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4 (12): hal. 2-6.

Maharani, Nanda Dwi dan Santoso, Eko Boedhi. 2019. “Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Sophie Paris Business Center (BC) Kota Batu”. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 5 (30): hal. 117-118.

Natalie A., Angela dan Japarianto, Edwin. 2019. “Analisis Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Value di H&M Store Pakuwon Mall Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 13 (1): hal. 41.

Putra, Frengki Kriswadana. 2016. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Usia dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey pada Konsumen Produk Fashion di Malang Town Square (MATOS))”. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 6 (1): hal. 1.

Sholihah, Ummi Mardhotus. Rachma, N. Slamet, Afi Rachmat. 2017. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying di Malang Town Square dan Mall Olympic Garden (Study pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang)”. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma. Vol. 6 (1): hal. 181.

Sholihah, Ummi Mardhotus. Rachma, N. Slamet, Afi Rachmat. 2017. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying di Malang Town Square dan Mall Olympic Garden (Study pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang)”. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma. Vol. 6 (1): hal. 181.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta

Suhriyanto dan Arifin, Rois. 2018. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Matos (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA)”. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma. Vol. 7 (7): hal. 58.

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan AplikasiPada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Frenadamedia Group.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Rifatin, Y., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studia Pada Konsumen Toko Pakaian Dhyhijab Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 367–379. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5495

Issue

Section

Articles