Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian)

Authors

  • Bayu Putra Setiawan Universitas Hasyim Asy'ari
  • Agus Frianto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa atau pelayanan dipengaruhi oleh harga. Daya tarik produk atau jasa tidak dapat dilepaskan dari harga seperti uang, waktu, aktivitas kognitif, upaya perilaku, nilai dan penetapan harga. Harga sering kali digunakan sebagai indikator nilai jika harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa. Para produsen atau penjual berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan serta memberikan kepuasan secara maksimal kepada konsumen. Kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa atau pelayanan dipengaruhi oleh harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan kuantitatif, Data yang digunakan data primer dan sekunder, sampel penelitian sebanyak 30 Pelanggan, Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolonieritas, autokorelasi, linieritas), sedangkan uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Jasa Ekspedisi Krian. (2) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Jasa Ekspedisi Krian  (3) Harga dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Jasa Ekspedisi Krian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Achmad Zainal (2017) Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan Ketepatan pengiriman terhadap kepuasan Konsumen pada PT.

Aspiani (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Online di Kota Makassar

Bhirawa , D. (2017, 5 16). Pertumbuhan Bisnis Kuliner di Jatim Tumbuh 20%. Dipetik 5 7, 2018, dari ttp://harianbhirawa.com/: http://harianbhirawa.com/2017/05/pertumbuhan-bisnis-kuliner-di-jatim-tumbuh-20/

Budiyanto, Arief (2018) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di PT. Yerry Primatama Hosindo

Chando Martua (2018) Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan jasa pengiriman AB Cargo

Ferdinand, A. (2014). Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gofur, Abdul (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan

Hanna Ester Novi (2017) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada expedisi di pekanbaru (studi PT. JNE (jalur nugraha ekakurir) pekanbaru)

Indah, Yuni Rosa (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada pengguna jasa pengiriman barang kantor pos semarang)

Kum, Fai Yuen (2015) Service Quality and Customer Satisfaction in Liner Shipping

Nainggolan, L. P., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Stove Syndicate Cafe di Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science , 1-11 .

Nelisa, Gusni (2017) Pengaruh kualitas pelayanan, harga, fasilitas dan emosional terhadap kepuasan pelanggan jasa angkutan Buspo Lubuk basung express di kecamatan lubuk basung kabupaten Agam

Ningtiyas, Tri Setia (2019) Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang

Panjaitan, Januar Efendi (2016) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan pada JNE cabang bandung

Putuhena, Zulmianita (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Angkutan Online (GrabCar) Di Kota Makassar

Purnomo, Edwin Setyo (2017) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen “best autoworks”

Salma, Hafizha (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Kasus pada Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar)

Sugianto , J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuri, Helmy (2015) Pengaruh Tarif dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Makassar

Tiza, Mohd. Farid (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, Studi kasus pada perusahaan JNE Cabang Padang

Yuwananto, Eko (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada usaha bahan bangunan sembilan lima

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352–366. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493

Issue

Section

Articles