Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian)
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa atau pelayanan dipengaruhi oleh harga. Daya tarik produk atau jasa tidak dapat dilepaskan dari harga seperti uang, waktu, aktivitas kognitif, upaya perilaku, nilai dan penetapan harga. Harga sering kali digunakan sebagai indikator nilai jika harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa. Para produsen atau penjual berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan serta memberikan kepuasan secara maksimal kepada konsumen. Kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa atau pelayanan dipengaruhi oleh harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan kuantitatif, Data yang digunakan data primer dan sekunder, sampel penelitian sebanyak 30 Pelanggan, Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolonieritas, autokorelasi, linieritas), sedangkan uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Jasa Ekspedisi Krian. (2) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Jasa Ekspedisi Krian (3) Harga dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Jasa Ekspedisi Krian.
Downloads
References
Abidin, Achmad Zainal (2017) Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan Ketepatan pengiriman terhadap kepuasan Konsumen pada PT.
Aspiani (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Online di Kota Makassar
Bhirawa , D. (2017, 5 16). Pertumbuhan Bisnis Kuliner di Jatim Tumbuh 20%. Dipetik 5 7, 2018, dari ttp://harianbhirawa.com/: http://harianbhirawa.com/2017/05/pertumbuhan-bisnis-kuliner-di-jatim-tumbuh-20/
Budiyanto, Arief (2018) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di PT. Yerry Primatama Hosindo
Chando Martua (2018) Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan jasa pengiriman AB Cargo
Ferdinand, A. (2014). Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gofur, Abdul (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan
Hanna Ester Novi (2017) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada expedisi di pekanbaru (studi PT. JNE (jalur nugraha ekakurir) pekanbaru)
Indah, Yuni Rosa (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada pengguna jasa pengiriman barang kantor pos semarang)
Kum, Fai Yuen (2015) Service Quality and Customer Satisfaction in Liner Shipping
Nainggolan, L. P., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Stove Syndicate Cafe di Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science , 1-11 .
Nelisa, Gusni (2017) Pengaruh kualitas pelayanan, harga, fasilitas dan emosional terhadap kepuasan pelanggan jasa angkutan Buspo Lubuk basung express di kecamatan lubuk basung kabupaten Agam
Ningtiyas, Tri Setia (2019) Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang
Panjaitan, Januar Efendi (2016) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan pada JNE cabang bandung
Putuhena, Zulmianita (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Angkutan Online (GrabCar) Di Kota Makassar
Purnomo, Edwin Setyo (2017) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen “best autoworks”
Salma, Hafizha (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Kasus pada Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar)
Sugianto , J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuri, Helmy (2015) Pengaruh Tarif dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Makassar
Tiza, Mohd. Farid (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, Studi kasus pada perusahaan JNE Cabang Padang
Yuwananto, Eko (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada usaha bahan bangunan sembilan lima
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bayu Putra Setiawan, ag Frianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.