Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jombang Cabang Ngoro

Authors

  • Abd Syukkur Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5491

Keywords:

Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai salah satu perusahaan perbankan yang kegiatannya lebih sempit dibandingkan dengan kegiatan Bank umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BPR Jombang Cabang Ngoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 95 karyawan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji Hipotesis menggunakan uji t, uji R dan uji F . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial fasilitas memberikan pengaruh (signifikan) terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh (signifikan) terhadap kepuasan nasabah Secara simultan variabel fasilitas dan kualitas layanan juga berpengaruh (signifikan) terhadap kepuasan nasabah BPR Jombang Cabang Ngoro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPR Jatim. 2020. Bank BPR Jatim: Bank UMKM Jawa Timur.http://www.bprjatim.co.id diakses pada tanggal 11 Maret 2020.

Damanik, S. E. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo

Kotler, P and G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Muchtar, B., R. Rahmidani, dan M. K. Siwi. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Kencana. Jakarta

Nobar, H. B. K. and R. Rostamzadeh. 2018. The Impact of Customer Satisfaction, Customer Experience and Customer Loyalty on Brand Power: Emperical Evdence from Hotel Industry. Journal of Business Economics and Manaement 19(2): 417 – 430

Oetama, S. dan D.H. Sari. 2017. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis 3(1): 59 – 65

Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing. Malang

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Syukkur, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jombang Cabang Ngoro. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 327–338. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5491

Issue

Section

Articles