Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jombang Cabang Ngoro
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5491Keywords:
Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan NasabahAbstract
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai salah satu perusahaan perbankan yang kegiatannya lebih sempit dibandingkan dengan kegiatan Bank umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BPR Jombang Cabang Ngoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 95 karyawan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji Hipotesis menggunakan uji t, uji R dan uji F . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial fasilitas memberikan pengaruh (signifikan) terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh (signifikan) terhadap kepuasan nasabah Secara simultan variabel fasilitas dan kualitas layanan juga berpengaruh (signifikan) terhadap kepuasan nasabah BPR Jombang Cabang Ngoro.
Downloads
References
BPR Jatim. 2020. Bank BPR Jatim: Bank UMKM Jawa Timur.http://www.bprjatim.co.id diakses pada tanggal 11 Maret 2020.
Damanik, S. E. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo
Kotler, P and G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Muchtar, B., R. Rahmidani, dan M. K. Siwi. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Kencana. Jakarta
Nobar, H. B. K. and R. Rostamzadeh. 2018. The Impact of Customer Satisfaction, Customer Experience and Customer Loyalty on Brand Power: Emperical Evdence from Hotel Industry. Journal of Business Economics and Manaement 19(2): 417 – 430
Oetama, S. dan D.H. Sari. 2017. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis 3(1): 59 – 65
Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing. Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Abd Syukkur, Tri Sudarwanto
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.