Pengaruh Store Atmosphere dan Keanekaragaman Produk Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada TOP Bangunan)

Authors

  • Habibah Bilqis Maharani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5490

Keywords:

Store Atmosphere, Keanekaragaman Produk, Impulse Buying

Abstract

Perubahan gaya hidup yang mempengaruhi perubahan perilaku  berbelanja pada masyarakat yang berada di daerah sekitar perkotaan, membuat toko ritel berbondong-bondong untuk menarik konsumen dengan merubah strategi pemasaranya. TOP   Bangunan mengandalkan store atmosphere dan keanekaragaman produk untuk meningkatkan volume penjualannya. Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan keanekaragaman produk terhadap impulse buying studi kasus pada TOP Bangunan. Penelitian ini memakai teknik analisis data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data surrvei (observasi) memakai data primer yang didapatkan dari kuesioner yng berisi 36 item pernyataan. Populasi di penelitian ini adalah keseluruh konsumen TOP Bangunan yanng telah melakukan impulse buying. Sampel dalam penilitian ini adalah 50 responden menggunakan teknik purposive sampling yang memiliki ketentuan responden yang mengisi kuesioner telah melakukan impulse buying pada  TOP Bangunan yang berusia lebih dari 17 tahun. Teknik analisis data memakai regresi linier berganda dengan IBM Statistik SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Store atmosphere berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying pada konsumen TOP Bangunan (2) Keanekaragaman produk berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying pada TOP Bangunan (3) Store atmosphere dan keanekaragaman produk berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying pada konsumen TOP Bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akram, umair, dkk. 2016. “Impact Of Store Atmosphere On Impulse Buying Behaviour: Moderating Effect Of Demographic Variabels”. Journal Economics And Management. Vol: 9 (7): hal. 42-66.

Anggraeni, Jenni, dkk. 2016. “Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Di Butik Cassanova Semarang”. Journal of management. Vol. 2 (2): hal. 1-20.

Bulan, Tengku Putri Lindung, dkk. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan danStore Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Toko Makmur Swalayan Di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen. Vol. 8 (1): hal 27-34.

Febriana, Fatma Citra. 2017. “Pengaruh Suasana Toko, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Toko Kompas Ngronggo Kota Kediri”. Jurnal Manajemen. Vol. 01 (11): hal. 1-13.

Ferdinand, Augusty. 2014. “Metode Penelitian Manajemen”. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kwan, Oky Gunawan. 2016. “Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variable Interving Pada Pelanet Sports Tunjungan Plaza Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 10 (1) : hal. 27-34.

Prastika, Reza Dani dan Sugiono. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Leopard Cafe Way Jepara Lampung Timur”. Jurnal Dinamika. Vol. 3 (1): hal. 36-48.

Putra, Frenki Kriswardana. 2016. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Usia Dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey Pada Konsumen Produk Fashion Di Malang Town Squere (Matos)). Jurnal Manajemen. Vol. 6 (1): hal. 1-12.

Saputro, Ikhsan Banu. 2019. “Pengaruh price discount Dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variable mediasi konsumen ritel minimarket kota Yogyakarta. Jurnal ilmu manajemen. Vol. 16 (1): hal. 35-47.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Maharani, H. B., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keanekaragaman Produk Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada TOP Bangunan). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 313–326. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5490

Issue

Section

Articles