Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifebuoy (Studi Konsumen di Pondok Pesantren Putri Salafiyah Syafi’iyah Al-Khoiriyah Hasyim Seblak Diwek Jombang)
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5487Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Sabun mandi adalah salah satu produk yang sangat dibutuhkan bagi setiap konsumen, hal ini menyebabkan produksi dari sabun mandi menjadi sangat tinggi dan tingkat persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sabun mandi Lifebuoy. Obyek dari penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Putri Salafiyah Syafi’iyah Al-Khoiriyah Hasyim Seblak Diwek Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terhadap 168 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian sabun mandi Lifebuoy pada santri Pondok Pesantren Putri Salafiyah Syafi’iyah Al-Khoiriyah Hasyim. (2) Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian sabun mandi Lifebuoy pada santri Pondok Pesantren Putri Salafiyah Syafi’iyah Al-Khoiriyah Hasyim. (3) Harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian sabun mandi Lifebuoy pada santri Pondok Pesantren Putri Salafiyah Syafi’iyah Al-Khoiriyah Hasyim.
Downloads
References
Aminullah, Rois. Suharto, Akhmad. Diansari, Tatit. 2018. “Pengaruh harga lokasi dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Vol. 4 (2): hal. 209.
Ferdinan, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Maghfur, Salim. 2018. “Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi
terhadap keputusan pembelian Shampo Pantene di Kota Wates”. Jurnal Ekobis Dewantara. Vol. 1 (10): hal. 76.
Pangastuti, Jasinta. Sudjiono. Prastiti, Eni. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah di Borobudur Kediri”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK). Vol. 2 (1): hal. 75-77.
Purba, Mery Lani. Tambunan, Elisabet. 2018. “Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian body wash merek dettol pada masyarakat kecamatan medan perjuangan kelurahan pandau hilir lingkungan viii”. Jurna Mutiara Manajemen. Vol. 3 (1): hal. 236.
Rohmaniah, Nafisatur. Edwar, Muhammad. 2015. “Pengaruh promosi, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Garnier Men Turbo Light Oil Control Icy Scrub”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. 3 (2)
Sabrina, Hesti. 2017. “Pengaruh harga dan emosional terhadap keputusan
pembelian sabun Lifeboy”. Jurnal-Plans. Vol. 12 (2): hal. 278.
Sirajudin, Dwi Nanda Putri. Firman. 2015. “Pengaruh kualitas produk dan asosiasi merek terhadap pengaruh kualitas produk dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian ulang konsumen Biore body foam pada mahasiswi Universitas Negeri Padang”. Jurnal Praktik Bisnis. Vol. 4 (1): hal. 44.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta
Suryani dan-Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan AplikasiPada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Frenadamedia Group.
Taringan, Eka Dewi Setia. 2016. “Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan area Medan”. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 (1): hal. 49.
Zubaidah. 2017. “Pengaruh kualitas produk, harga dan iklan televise terhadap
keputusan pembelian Sabun Lux pada konsumen Minimarket Atha Mart Di Kota Palembang”. Jurnal Manajemen. Vol. 5 (1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Channah Asriyah, Agus Frianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.