Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Pos Jombang

Authors

  • Teguh Priyo Sudarmo Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v3i2.5482

Keywords:

Kualitas Layanan, Harga, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan di Pt. Pos Indonesia (persero) kantor Pos Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualititatif dan menggunakan teknik Non probability sampling dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas layanan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Jombang sudah diterapkan dengan baik. Namun, pelayanan perlu diberi yang lebih baik lagi dalam kualitas layanan untuk kepentingan perusahaan. (2) Harga pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Jombang sudah diterapkan dengan baik. Namun, perusahaan perlu meningkatkan upaya dalam penanaman visi, misi, tujuan perusahaan untuk bisa menstabilkan tarif harga yang telah ditentukan. Perusahaan juga perlu mempererat ikatan dengan para pelanggan dengan cara memberikan hadiah pada pelanggan. (3) Loyalitas pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Jombang sudah diterapkan dengan baik. Namun, perusahaan perlu lebih memperhatikan pelanggan dengan apa yang dibutuhkan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadapLoyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Eka kurir Agen KotaLangsa. Jurnal manajemen dan keuangan, vol.5, no.2, 5(2), 592–602.

Herawati, N., Hidayat, A., & Suwarsito. (2019). Analisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal akrab juara Volume 4 Nomor 4 Edisi, 4(November), 118–129.

Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan Grab Semarang. Journalof Strategic Communication Vol. 10, No. 1, Hal. 46-53, 10(1), 46–53.

Saty, N. L. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada jasa barbielaundry di Bandar lampung. Skripsi Dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Shartykarin, S., Firdaus, R., & Rusniati. (2016). Pengaruh harga kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (StudiPengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 4, Nomor 1, 4(1).

Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian Bandung : CV. Alfabeta.

Suwandi, Sularso, A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh kualitas layanan, harga dan citramerek terhadap kepuasandan loyalitas pelanggan Pos ekspres di kantor Pos bondowoso dan situbondo. Jurnal JEAM Vol XIV, 68–88.

Valien, K., Atmaja, W., Sujana, I. N., & Suwena, K. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan KepuasanTerhadap Loyalitas Pelanggan pada PT . Pos Cabang Singaraja. Jurnal PendidikanEkonomi Undiksha Volume 10 No. 1, 10(1), 12–23

Winata A., & Fiqri, I. A. (2017). Pengaruh harga dan kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan hotel emersia di bandar lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol 03. No.02, 03(02), 133–149.

Yohana, G. L. A. L. A. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan medin beauty ). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 3 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 5

Downloads

Published

2021-02-10

How to Cite

Sudarmo, T. P., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Pos Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(2), 199–212. https://doi.org/10.33752/bima.v3i2.5482

Issue

Section

Articles