Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang)

Authors

  • Cici Suasti Ningsih Universitas Hasyim Asy'ari
  • Lik Anah Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v3i2.5480

Keywords:

Brand Image, Kualitas produk, Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap minat beli produk Oriflame (studi kasus Pada Mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari jombang). Latar belakang penelitian ini penurunan tingkat penjualan di berbagai macam produk yang dimiliki produk Oriflame. Dengan banyaknya berbagai jenis kosmetik yang beredar, baik produk dalam negeri maupun produk luar negeri. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah  brand image, kualitas produk dan harga sedangkan variabel terikat adalah minat beli. Metode yang dipakai dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penelitian asosiatif.Jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tujuan untuk menjamin validitas dan reabilitas. Hipotesis akan diuji menggunakan analisis regresi berganda dan hasil penelitian ini menunjuan bahwa Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Minat beli produk Oriflame, Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Minat beli produk Oriflame dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Minat beli produk Oriflame.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiyanto,dkk.2018.“Price And Brand Image Analysis Of Interest In Buying Re Madjank Store Brand Products”.STIE Widya Gama Lumajang.Vol. 2 No. 2, August 2019.

Dara, Nursimah dan Nining Purnaningsih. 2018: “Pengaruh Kualitas produk dan Penetapan Harga Pakaian Batik terhadap Minat Beli Pelanggan Pasar Tanah Abang.”Jurnal Ekonom dan bisnisi. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Ferdinand, Augusty.2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016: Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Khuwaroh, Khumairoh.2018:“analisis pengaruh label halal, kemanan bahan, promosi, dan harga pada produk kosmetik sariayu terhadap minat beli konsumen”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Malang.

Kusnandar, Suroso Imam dan Prasodjo Adi.2015 : “Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Label Halal Produk Kosmetik La Tulipe terhadap Minat Konsumen untuk Membeli Ulang di Kota Banyuwangi”. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Mulyani, Sri dan Dina Septiani.2018:”Pengaruh Citra merek, Inovasi produk, dan iklan terhadap minat beli produk deodorant casablanca”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat Vol. 1 No.1 Edisi 2 Oktober 2018.

Munir, Muhammad Shohibul. dkk. 2019: “Pengaruh brand origin,brand ambassador dan brand image terhadap minat beli parfum Axe pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Manajemen Universitas Islam Malang”. Jurnal Administrasi dan Manajemen.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Mulyani, Zahara Zakiyah dan Santi Ira Nuriya. 2015: “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Lipstik Merek Wardah Pada Mahasiswi Universitas Tadulako Palu”.Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1. No. 3.

Noverita Wirayanthy dan Singgih Santoso. 2019: “Pengaruh harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, (Online), Vol.2. No.1.

Nurfiriana Silvia dan Iriani Francy. 2018: “Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah”. Jurnal Administrasi dan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trilogi Jakarta.

Negara, A.A Ngurah Diantara Esa. dkk. 2018: “Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli”. Jurnal Administrasi Bisnis (Online), Vol.61.No.2.

PangastutiJasinta.dkk. 2019: “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli produk kosmetik wardah pada counter wardah di borobudur kediri”. Universitas kediri. Vol. 2 No. 1.

Qonita,Arifa.2018:”pengaruh iklan, celebrity endorses, dan citra merek terhadap minat beli wardah kosmetik”. Jurnal Ekonomi dan bisnis Dewantara Vol. 1 No. 8 Agustus 2018.

Respati, Widya Dian. 2017: “Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Lipstik Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember”. Juranl Ekonomi Administrasi dan Manajemen.Universitas Muhammadiyah Jember.

Rizki, Rahmad. 2018:“pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen produk kosmetik wardah”.Vol. 5: Edisi I Januari – Juni 2018

Sanusi, Achmad. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Salfina, Lili. 2018: “pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Anak-anak Studi Kasus Toko Rizky dan Afdal Pariaman”. Jurnal indovisi. Vol.1 (1): hal.83-100.

Saino.2018:“pengaruh kualitas produk dan daya tarik iklan terhadap minat beli vaseline healthy white insta fair”.

Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Ed 1,Cet 1. Yogyakarta.

Suryani dan Hendryadi.2015.Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Frenadamedia Group.

Supriyadi, Wiyani Wahyu dan Indra K.N Ginanjar. 2017: “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang)”. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.4 No.1.

Sopwa, Nisau dan Banin Qori Al. 2015: “Analisis Pengaruh Perceived Harga, Kemasan dan Daya Tarik Iklan Televisi terhadap Minat Beli Konsumen Produk Rokok Djarum Super di Bumiayu”. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.3.No.2, Universitas Peradaban.

Siswoyo, Sanjaya Pranata. 2018: “Dampak Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Pelanggan Dalam Usaha Sambal”. Jurmal Manajmen dan Start-Up Bisnis Vol.2 No.6 Universitas Ciputra, Surabaya.

Soleha, Illiatus. dkk. 2017: ”Pengaruh citra merek dan persepsi label halal terhadap minat pembelian ulang produk kosmetik Zoya Malang”.Jurnal ManajemenJuranl EkonomiJurnalJurnal Administrasi dan Manajemen. Universitas Islam Malang.

Satria, Arief Adi. 2017: “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36”. Jurnal Manajemen dan Strat-up Bisnis Vol. 2, No.6.

Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, Elisabet. 2019: “Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi pada Kosmetik Wardah di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan”. Jurnal Ilmiah Integritas. Vol.5 No.1 (Januari,2019).

Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Dek:PT. Rasa Grafindo Persada.

Wirayanthy, Noverita dan Santoso Singgih. 2019: “Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas terhadap Minat Beli Produk Private Label(Studi Kasus Pada Konsumen Indomaret di Yogyakarta)”. Jurnal Riset Manajemen Dewantaradan Bisnis Dewantara.Vol. 2.No.1.

Zainuddin, Didi. 2018:” Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Matik”. (Online), Vol.10.No. 3.

Downloads

Published

2021-02-10

How to Cite

Ningsih, C. S., & Anah, L. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(2), 165–184. https://doi.org/10.33752/bima.v3i2.5480

Issue

Section

Articles