Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Tehadap Kepuasan Kerja Karyawan di Pabrik Gula Meritjan Kediri

Authors

  • Achmad Rosidi Ansori Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v2i3.5402

Keywords:

Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap Kepuasan Kerja karyawan di Pabrik Gula Meritjan Kediri. Dalam Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi serta menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 karyawan. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling yaitu Pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di Pabrik Gula Meritjan Kediri. (2) Stres kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di Pabrik Gula Meritjan Kediri. (3) Lingkungan kerja dan stres kerja secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di Pabrik Gula Meritjan Kediri. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Nuzula Firdausi Ayu Prita 2017. “Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan dengan Spiritualitas di tempat kerja sebagai variabel moderator pada Divisi kelola sdm dan pelayanan pelanggan PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA”. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5, No.3

Afrizal, Poundra Rizky dan Mochammad Al Musadieq dan Ika Ruhana. Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada Karyawan PT.Taspen (Persero) Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.8 No. 1.

Ferdinand Agusty, 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali Imam, 2016. Alikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanim, Maslatifa. 2016. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karywan Hull Construction Di PT.DOK dan Perkapalan Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.4 No.3.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kombong, Agustina. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Ejurnal Katalogis, Vol.3 No.10.

Lumentut, Mauritz D.S dan Lucky O.H dotulong. 2015. Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Cabang Airmadidi. Jurna EMBA, Vol.3 No.1.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Mukti dan Mochammad Al Musadieq dan Gunawan Eko Nurtjahjono. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kendatel Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.16 No.1.

Downloads

Published

2020-06-06

How to Cite

Ansori, A. R. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Tehadap Kepuasan Kerja Karyawan di Pabrik Gula Meritjan Kediri . BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(3), 246–257. https://doi.org/10.33752/bima.v2i3.5402

Issue

Section

Articles