Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari)

Authors

  • Nur Hadi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5387

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Citra Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Kaulitas ProdukDan Citraa Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari). Penelitian inimenggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei (observasi) menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh dimana semua populasi menjadi sampel didalam penelitian . Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) harga, kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryo. 2019. Pasar Globak Alami Penurunan, Vendor Tetap Optimis. Dikutip 13 maret 2019(http://m.bisnis.com/teknologi/read/20190313/280/899127/pasar-global-mengalami penurunan-vendor-tetap-optimis).

Citra, Tamara dan Budi santoso, Suryono. 2016. “Analisis Pengaruh Kulitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (studi pada percetakan jadi jaya group, semarang)”. Dponegoro Journal Of Management. Volume 5, nomor 2, tahun 2016, halaman 1-12: ISSN(online):2337-3792.

Dharmmesta, Basu Swastha. 2014. Manajemen pemasaran. Banten: universitas terbuka.

Farhan, Muhammad Yusuf. 2015. Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: PPs Universitas Diponogoro.

Ferdianan, Agusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedonaman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesisi Dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivarietas Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponogoro:Semarang.

Harti, Eva Cahya. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Smarphone Sony Xperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) m.bisnis.com/gadget/read/20181022/105/851802/pengguanaan-smartphone indonesia-habiskan-12jam-per-hari-konsumsi-konten-hiburan. Dikutip 13 Maret 2019 m.tabloidpulsa.co.id/bllog/37101-capaian-2018-dan-persaingan-2019. Dikutip 13 Maret 2019.

Jun, Len. 2018. Ingin sukses? Jangan tamak. Dikutip Maret 2019 (http://m.liputan6.com/tekno/read/3438516/ingin-sukses-bos-xiaomi jangan-tamak).

Lina, Rizky Fajar. 2017. Penagruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusif Matta Lip Ctream Pada Wardah Beuty House Medan. Skripsi ini tidak diterbitkan. Medan: PPs Universitas Sumatera Utara.

Mamang Sangatji, Etta dan Sopiah. 2013. Perilaku konsumen pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen pemasaran modern. LaksBang Presindo: Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2013. Costomer service satisfaction &call center berdasarkan ISO 9001. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Respatya Hendro, Chardika dan Hidayah, Wahyu. 2018. “Pengaruh Kulitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Iphone Kota Semarang”. Diponegoro Journal Of Social And Politic. Tahun 2018, hal. 1-8.

Setiadi, nugroho j. 2013. Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Jakarta: KENCANA prenada media group .

Setiawan, Dhina dan Haryono. 2015. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Gemini”. Jurnal manajemen pemasaran.

Silape, Billy R, Mananeke, Lisbenth dan Tumbuan, Willem J.F.A. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Stategi Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Pada Mahasisiwa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA Vol.7 No 1 Januari 2019, Hal. 961-970.

Sudaryono. 2016 Manajemen pemasaran teori dan implementasi. Yogakarat: ANDI.

Sumpu, Nofita dan Tumbel, Altje L. 2018. “Analisis Penagruh Citra Merek dan Kulitas Produk Terhadap Keputusan Pemeblian Smartpone Samsung ( studi pada mahasiswa Universitas Samratulangi Manado angkatan 2016)”. Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 2528-2537.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tarun, Pathak. 2018. Pasar Smarphone Lesu, Pengapalan Oppo, Vivo, Xiaomi Nai. Dikutip 13 Maret 2019. (http://m.cnnindonesia.com/teknologi/20181102180912-185-343584/pasar-smartphone-lesu-pengapalan-oppo-vivo-xiaomi-naik).

Tumebouw, Frisna D, Mandey, Silvya dan Loindong, Sjendry. 2019. Analisis Kualitas Produk Dan Harag Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Di Manado (Studi Kausu PT Hajrat Abadi ). Jurnal EMBA Vol. 7 No.1 Januari 2019, Hal. 481-490.

Widiatmoko, Galih dan P.Hadi, Sudharto. 2015. “Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembellain I Phone (Studi Kasus Mahasisiwa Fisif Undip )”. Jurnal Ilmu Adimistrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponogoro.

Wulan Astuti, Sri. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Merek Kingston Pada Mahsiswa Fakultas Ilmu Omputer Dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: PPs Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2019-10-06

How to Cite

Hadi, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(1), 80–95. https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5387

Issue

Section

Articles