Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto

Authors

  • Mu’arif Alif Usman Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5385

Keywords:

Lingkungan kerja, Motivasi, Kepuasan kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan di pabrik gula gempolkrep mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis asosiatif. Populasi yang diambil berjumlah 296 karyawan tetap, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 170 karyawan pabrik gula gempolkrep mojokerto . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Menganalisis data menggunakan metode statistik dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan rumus regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dan (3) lingkungan kerja dan motivasi berpengaruh Simultan Terhadap Kepuasan kerja karyawan pabrik gula gempolkrep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, 2017,” pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening (studi pada staff pt kepuh kencana arum mojokerto”.

Arikunto Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta. CV. Alfabeta.

Fadillah dkk, 2013,” pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas karyawan melalui kepuasan kerja karyawan produksi bagian jamu tradisional unit kaligawe pt. njonja meneer semarang”.

Ferdinand, agusty, 2014. Metode penelitian manajemen pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desertasi ilmu manajemen, semarang. Badan penerbit universitas diponegoro.

Lestari, Sriathi, 2013,”pengaruh pelatihan kerja, lingkungan kerja fisik serta motivasi terhadap produktivitas kerja pegawai pada pt. taspen (persero) kantor cabang denpasar”.

Norianggono, 2014,”pengaruh lingkungan kerjafisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan pt. telkomsel area iii jawa-bali nusra di Surabaya)”.

Prastyo, 2016,”pengaruh motivasi, kepuasan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan honorer dinas bina marga pengairan dan esdm kabupaten jepara”.

Sudana, Supartha, 2015,” pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja fisik terhadap motivasi dan kepuasan kerja karyawan di grand puncak sari restaurant kintaman”.

Wardhani dkk, 2016,”pengaruh lingkungan kerja, komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai( studi kasus di dinas kebudayaan dan pariwisata kota semarang).

Wibowo. 2013. Perilaku dalam organisasi. PT RajaGrafindo persada.

Zein, Hadijah, 2018,” Pengaruh komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Pasundan 1 Cimah”.

Downloads

Published

2019-10-06

How to Cite

Usman, M. A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5385

Issue

Section

Articles