Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Jasa pada Konsumen Rental Mobil Siborju Jombang

Authors

  • Mochammad Aminulloh Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5383

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian jasa pada konsumen rental mobil SiBorju Jombang. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan data survei (observasi) dari kuesioner untuk mendapatkan data primer. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji t dan uji f dilakukan untuk mengetahui signifikansi variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jasa pada konsumen rental mobil SiBorju Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhika, Alfanda dan Susanti, Febsri. 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Padang.

Banjarnahor, Dahlia A dan Oktafani Farah. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Taksi Blue Bird Di Kota Bandung. Universitas Telkom.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Herdintasari, Rizka, dkk. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Brawijaya Malang.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Imbar, William Putra, dkk. 2014. “Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada PT. Hasjrat Abadi Manado”. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kodu, Sarini. 2016. “Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kotler dan Keller. 2013. Marketing Management. New Jersey: Global Edition Pearson Prentince Hall.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Selemba Empat.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta.

Ningrum, Anggun Setya dan Suryoko, Sri. 2018. Pengaruh Harga, Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Peacockoffie, Semarang. Universitas Diponegoro.

Payne, Adrian. 2008. The Essence of Service Marketing (Pemasaran Jasa). Jakarta: Salemba Empat.

Putra, Arfian Bimantara, dkk. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Universitas Brawijaya Malang.

Putranto, Nur Ikhsan dkk. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Brawijaya.

Rahayu, Isyana, dkk. 2015. Marketing Mix Analysis Of Natural Tourism Area 'Kawah Putih’ And Its Effect On Visitors’ Decision. Bogor Agricultural University.

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supriyanto, Muhammad dan Taali, Muhammad. 2018. Pengaruh Bauran pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di The Sun Hotel Madiun. Politeknik Negeri Madiun.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : AlFABETA.

Suharto, Clifen A.A, dkk. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, Arum Puspa. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Kopma Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Weenas, Jackson R. S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Universitas Sam Ratulangi Manado.

www.cermati.com/artikel/bisnis-rental-mobil-ini-strategi-sukses-memulainya. (Diakses 20 Agustus 2019)

Downloads

Published

2019-10-06

How to Cite

Aminulloh, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Jasa pada Konsumen Rental Mobil Siborju Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5383

Issue

Section

Articles