Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di D&D Chicken and Burger Sumobito Jombang

Authors

  • Mahmud Arief Annahdy Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5381

Keywords:

Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan industri kuliner menyebabkan perubahan perilaku masyarakat, hal ini mendorong perusahaan untuk terus melakukan inovasi dalam hal meraih pangsa pasar. Inovasi-inovasi tersebut terkait dengan strategi-strategi yang diantaranya adalah produk, harga, lokasi, dan juga promosi yang mana nantinya akan mampu menarik minat kosumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian di D&D Chicken and Burger sumobito Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantatatif dengan teknik analisis menggunakan analisis linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang melakukan pembelian di D&D Chicken and Burger sumobito Jombang dengan jumlah sampel yag diambil sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan dan variabel yang paling berpengaruh adalah variabel promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristo, Stephanus Felix. 2016. “Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chip”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 1 No. 4. Hal : 441-447.

Ferdinand, Agusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5 Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Firmansyah, Denny. 2015. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Pak Ulis Bireuen”. Lentera. Vol. 15 No. 13 “ hal. 79-84.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8”. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hartini, Sri dan Hartati, Lesti. 2017. “Analisis preferensi Masyarakat Terhadap Restoran Cepat Saji Di Kota Bogor”. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. Vol. 3 No. 1 : hal. 16-28.

Haryanto, Aris Tri & Dewi, Septiana Novita. 2016. “Pengaruh kepuasan Konsumen Sebagai Mediator Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian”. Journal of Economic Education. Vol. 5 No. 2 hal 206-213.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Indriasari, Dewi Pratiwi. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Cepat Saji”. Jurnal ekonomi Pasca Sarjana Universitas Borobudur. Vol. 19 No. 3 hal : 290-298.

Kementrian Perindustrian Indonesia. Edisi II-2018. Analisis Perkembangan Industri.

Luthfi, Adhiimsyah dan Hapsari, Septin Ayu. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Green Tegal Gede Residence”. SNAPER Ekonomi dan Bisnis. Hal : 477-485. ISBN :978-602-5617-01-0.

Natakusumah, Fiera Aryati & Yuliati, Ai Lilin. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Ina Cookies Bandung). Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 9 No. 1 hal : 34-49.

Naufal, Arif Rahman dan Magnadi, Rizal Hari. 2017. “Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Rahmi Collection)”. Diponegoro Journal Of Management. Vol. 6 No. 4 :hal. 1-9.

Santoso, Imam. 2016. “Peran kualitas Produk, dan Layanan,Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji Terhadap keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen”. Jurnal Manajemen Teknologi. Vol. 15 (1):94-109. http://journal.sbm.itb.ac.id.

Satria, Arief Adi. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36”. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis. Vol. 2 (1) : 45-53.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharto, Cliffen A. A., dkk. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Remaja Jaya Mobilindo”. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 3 hal :209-221.

Syofian, Siregar. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan perbandingan Perhitunga Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Walukow, Agnes Ligia Prasitia. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa”. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3 hal :1737-1749.

Wangarry, Calvin L. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian sepeda Motor Honda Di PT. Hasjrat Abadi Ranotana”. Jurnal EMBA. Vol. 6 No. 4 hal : 2058-2067.

Downloads

Published

2019-10-06

How to Cite

Annahdy , M. A. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di D&D Chicken and Burger Sumobito Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.5381

Issue

Section

Articles