Pengaruh Iklan Media Elekteronik dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Authors

  • Khoirul Rizal Ramadhani Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5377

Keywords:

Iklan Media Elektronik, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh. iklan media elektronik dan word of wouth terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pengguna traveloka mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari) Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda pada 125 responden mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari pengguna Traveloka. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan spss versi 23.Teknik sampling yang dipakai adalah purposive sampling dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan korelasi antar skor, uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel iklan media elektronik (X1) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Traveloka (Y) dan variabel iklan word of mouth (X2) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Traveloka (Y). Hasil penelitian uji F (simultan) menunjukkan hasil bahwa iklan media elektronik dan word of mouth secara keseluruhan berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusuan pembelian Traveloka (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam, Nuzula. 2018. Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat.

Dewi, Veronica Puspa. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian.

Gohizali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS 25. Semarang.

Ima, Nur. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Word-Of-Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.

Priyono. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda CBR150R.

Rahmawati, Happy. 2017. Pengaruh Word of Mouth, Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, Fandi. 2018. Pemasaran Jasa. Bayumedia.

www.adstensy.com. 2019. Compare www.adstensy.com/service/compare. Diakses pada 15 Mei 2019.

www.play.google.com.2019.https://play.google.com/store/apps/collection/cluster?clp=ggELCglUcmF2ZWxva2E%3D:S:ANO1ljIkExg&gsr=Cg6CAQsKCVRyYXZlbG9rYQ%3D%3D:S:ANO1ljLLlEQ. Diakses pada 28 Maret 2019.

Downloads

Published

2019-06-06

How to Cite

Ramadhani, K. R. (2019). Pengaruh Iklan Media Elekteronik dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(3), 301–317. https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5377

Issue

Section

Articles