Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Jombang Satu)

Authors

  • Egi Fauzi Suhaerul Bustami Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5375

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Perkembangan dunia ekonomi yang semakin maju mengakibatkan perubahan perilaku konsumen dalam segi pemenuhan kebutuhannya, hal tersebut menyebabkan perusahaan harus terus melakukan inovasi dalam menciptakan strategi harga dan kualitas pelayanan yang menarik agar dapat mempertahankan eksistensinya. Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan yang sangat perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitaas pelayanan terhadap kepuasaan konsumen di Rocket Chicken Cabang Jombang Satu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis survei research (penelitian survei) dengan teknik analis data menggunakan teknik regresi linier berganda. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rocket Chicken Cabang Jombang satu dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan secara parsial harga dan kualitaas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen, dan secara simultan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. sebaiknya pihak Rocket Chicken Cabang Jombang Satu memperhatikan penetapan harga dan kualitas pelayanannya agar dapat meningkatkan kepuasann konnsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gulla Oroh dan Roring. 2015. Analisis Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado GRACE INN. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi. Vol. 3 No.1.

Kotler dan keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga. Jakarta.

Lumenta, Mandey dan Jopie. 2014. Harga dan Kualtas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Pos Indonesia (Persero) Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi. Vol. @ No. 3

Malau Herman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplkasi Pemasaran Era Tradisisonal Samapi Era Modernisasi Global. Alfabeta. Bandung.

Manus dan Lumanauw. 2015. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri Di Kelurahan Wawlitouan Tondano Barat. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi. Vol. 3 No. 2

Masloman, Lumanauw dan Trang. 2014. Kualitas Pelayanan dan Servicescafe Pengaruh Terhdap Kepuasan Konsumen Pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotanan Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi. Vol 2 No. 4.

Peter J. Paul dan C.Olson Jerry. 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta Selatan.

Ransulangi, Mandey dan Tumbuan. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Rumah Makan Ocean 27 Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi. Vol. 3 No.3.

Sebrica, Suryoko, Apriatni. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Kampoeng Djowo Sekatul Kabupaten Kendal. Ejournal S1 Universitas Diponogoro. Hal 1-9.

Siregar Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Prenadamedia. Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Banyumedia. Sleman.

Tjiptono Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. CV. Andi. Yogyakarta.

Trianah dan Pranitasari. 2017. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (studi kasus pada Soerabi Bandung ENHA II Cabang Rawamangun). Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Vol. 20 No.1

Widyastuti Tri. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe. Vol 1 no 2 AKPAR BSI Bandung. Jurnal Ecodemica,

Downloads

Published

2019-06-06

How to Cite

Bustami, E. F. S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Jombang Satu). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(3), 278–290. https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5375

Issue

Section

Articles