Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

Authors

  • Anggriani Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5374

Keywords:

Atribut Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif asosiatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang menggunakan atau pernah membeli smartphone Oppo berjumlah 178 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 123 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Atribut produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. (2) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. (3) Atribut produk dan harga secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainul dan Yulianto, Edi. 2017. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Daihatsu Xenia Periode Januari-Desember 2014 Pada PT Daihatsu Jolo Abadi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51 No. 2 Oktober 2017.

Ibrahim, Risyad, Maya Ariyanti, dan Sumrahadi. 2016. Pengaruh Atribut Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Kelas Menengah Di Kota Bandung. E-Proceeding Of Management. Desmber 2016.Vol. 3, No. 3.

International Data Corporation (IDC). 2018. Smartphone Ranking Shaken Up Once Again As Huawei Surpasses Apple, Moving Into Second Position While Overall Market Declined 1,8% In Q2 2018, According To IDC, (Online). Diakses tanggal 29 November 2018.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta. Bandung.

Maryama, Siti dan Yayat, Sujatna. 2016. Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis Android. Jurnal Liquidity. Vol. 5, No.2, Juli-Desember 2016, Hal. 145-154.

Peter, Paul J dan Olson, C Jerry. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9 Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Sangadji, M Etta dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Penelitian. Andi. Yogyakarta.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Teori Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran edisi 4. Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-06-06

How to Cite

Anggriani. (2019). Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(3), 268–277. https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5374

Issue

Section

Articles