Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna Eiger Universitas Hasyim Asy’ari)
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5373Keywords:
Kualitas Produk, Citra Merek, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Eiger Universitas Hasyim Asy’ari. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 74 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) dan variabel citra merek (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). Hasil penelitian uji F (simultan) menunjukkan hasil bahwa kualitas produk (X1) dan citra merek (X2) secara keseluruhan berpengaruh simultan dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. (Y).
Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Dewi, dkk. 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 14.
Riyandi, Riyan. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek T-Shirt Dark Castle Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Distrodark Castle Di Plaza Parahyangan Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Andi. Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandi. 2018. Pemasaran Jasa. Bayumedia.
Widiana, I Wayan Plong, Sukawati, Tjok, Gede Raka. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent PT. Unilever. Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen UNUD. Vol. 5.
Yana, Rafita Dwi, et all. 2015. Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalit as Pelanggan. Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfin Dana Perkasa
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.