Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Toko Roti Modern Bakery Cukir Jombang)

Authors

  • Lukman Hakim Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5371

Keywords:

Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Roti Modern Bakery Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan berupa sampling incidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan secara kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang ditemui secara kebetulan itu cocok dijadikan sumber data. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Lokasi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) Harga dan Lokasi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Roti Modern Bakery Cukir Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitiam Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta. CV. Alfabeta.

Fadmawati, Putri Mawar, 2014. Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Andina. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2014.

Ferdinand, Agusty, 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali Imam, 2016. Alikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrayani, Dkk, 2014. Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Sastra Mas Tabanan, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2014.

Jenny, Dkk, 2015. Pengaruh Kualitas produk, harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Powernoise Store, Volume 14, Nomor 5, Juni 2015.

Larasrini, Dkk, 2015. Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian Toyota kijang innova di kota semarang (studi kasus pada pengguna Toyota kijang innova di kota semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun 2015, Hal

Mahdani, Dkk, 2017. Pengaruh Harga, Desain dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian serta Dampaknya Pasca Pembelian Perumahan Di Kota Banda Aceh, Jurnal Manajemen dan Inovasi Volume 8, Nomor 3, Oktober 2017, Hal. 76-87.

Malau, Harman, 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Prastika, Eviluciana, 2017. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Rampok Surabaya, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017.

Rahardjo dan Yuliantiningsih, 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Konsumen Bandeng Juwana Erlina. Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016.

Sepang, Dkk, 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa, Jurnal EMBA, Volume 2, Nomor 3, September 2014, Hal. 1737-1749.

Sifa, 2016. Analisis pengaruh inovasi produk, persepsi harga, lokasi dan wold of mouth terhadap proses keputusan pembelian venus bakery (Studi kasus pada konsumen venus bakery jalan pajajaran bogor timur).

Siregar, Syofiyan. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta : Penerbit Prenadamedia Group.

Soegoto, Dkk, 2014. Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado. Utara, Jurnal EMBA, Volume 2, Nomor 2, Juni 2014, Hal. 1222-1232.Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Sopiah dan Sangadji, 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi OFFSET.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suryoko, 2018. Pengaruh harga, produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di peacockoffie, Semarang. Volume 2, Nomor 1, Tahun 2018.

Syahrizal dan muhtarom, 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Studi Pada Konsumen Rokok Surya Di UNISLA. Volume 3, Nomor 1, Tahun 2018.

Taufik dan Handayani, 2017. Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan Yang Dipengaruhi Lokasi, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada Warga Kos di Kota Semarang), Nomor 43, Oktober 2017.

Tjiptono, Fandy, 2015. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andy, Edisi Keempat, Cetakan Andi OFFSET.

Trang dan Sinambow, 2015. Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Volume 3, Nomor 3, September 2015.

Tumbuan dan Senaen, 2015. Pengaruh People, Proses, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Volume 3, Nomor 1, Maret 2015.

Usman, 2017. Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Multy Kharisma Palembang. Volume 14, Nomor 3, Oktober 2017.

Widayanto, Dkk, 2014. Pengaruh inovasi produk baru, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian PC Tablet Apple iPad (Studi kasus pada mahasiswa pengguna iPad di fisip Undip Semarang).

Wijayanti, Titik, 2017. Marketing Plan dalam Bisnis, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wilangitan, Dkk, 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Manado. Volume 3, Nomor 1, Maret 2015.

Downloads

Published

2019-06-06

How to Cite

Hakim, L. (2019). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Toko Roti Modern Bakery Cukir Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(3), 228–243. https://doi.org/10.33752/bima.v1i3.5371

Issue

Section

Articles