Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Quick Chicken Kota Jombang

Authors

  • Ayu Pujiyanti Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i2.5361

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi usaha terhadap kepuasan pelanggan,baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian keuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembeliandi Restoran Quick Chicken Kota Jombang yang beralamat di jalan Dokter Sutomo No.9, Kepanjen, Jombatan, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61419.Sampel yang diambil sebanyak 130 responden yang ditentukan dengan teknik Incidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signitifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan t-hitungsebesar9.072> t-tabell0.150 dan tingkat signifikansinya 0,000. (2) lokasi usaha berpengaruh signitifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung sebesar5,417> t-tabel 0,171 dan tingkat signifikansinya 0,000. (3) kualitas pelayanan, lokasi usaha, secara simultan berpengaruh signitifikan terhadap kepuasan dengannilai F hitungsebesar 68.438>nilai F tabel 3,07 dan tingkat signifikansinya 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (suatu pendektan praktik) Jakarta: Rineka Cipta.

Ardanis, Fitri, Pitaloka, 2016. Pengaruh kualitas pelayanan, Harga dan promosi terhadap penjualan online shop baju muslim, volume 4, nomor 7, 2015

Azwar, Saifuddin. 2015. Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Fandi tjiptono, Gregorius Chandra dan Dadi Andriana. 2008. Pemasaran strategic. Yogyakarta:Andi.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode penelitian manajemen (pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, Tesis dan disertasi ilmu manajemen). Diponegoro:AGF Books.

Felita Sasongko dan Dr. Hartono Subagio,S.E.,M.M. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria.

Haryani, mulyati fiona, laoli febrianz eka “kualitas pelayanan,kepercayaan dan kepuasan nasabah dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah pada tabungan bank rakyat indonesia (persero) tbk kantor cabang khatib sulaiman, jurnal ekonomi & bisnis dharma andalas volume 19 NO 2, JULI 2017.

Ida Ayu Inten Surya Utami1, I Made Jatra2 (2015). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Baruna Sanur.

Iqbal krisdayanto1, Andri Tri Haryono, SE., MM. 2012. Analisisi pengaruh harga, kualitas pelayanan,fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan konsumendi 1 café lina putra net bandung.

Jackson R.S. Weenas,. Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed comforta. 2014 Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 607-618.

Johanes Gerardo Runtunuwu1 Sem Oroh2 Rita Taroreh3, 2014. Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap pengguna café dan resto cabang manado. ISSN 2303-1174.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen pemasaran jasa (berbasisi kompetensi) edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Lupyoadi, D. R. 2015. Manajemen pemasaran jasa. Selemba empat. Jakarta.

Merry Setia Kusuma Putri dan Setiyo Budiadi, 2013, Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen rumah makan Lombok hijau lamongan.

Safrizal (2015). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa

Siregar, Sofiyan. 2015. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenandia Group

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tri Hastuti Handayani (2013), pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan maskapai penerbangan garuda Indonesia kota solo.

Vivi Indriani Muzayanah, 2017. Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, volume 6, nomor 12, Desember 2017 ISSN 2461-0593

Wulan Jayanti1, Supri Wahyudi Utomo2 dan Juli Murwani3. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Rumah Makan di kabupaten ngawi.

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Pujiyanti, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Quick Chicken Kota Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(2), 172–186. https://doi.org/10.33752/bima.v1i2.5361

Issue

Section

Articles