Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi di PT Bokor Mas Mojokerto

Authors

  • Muhammad Afif Rosyikhuddin Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i1.5331

Keywords:

Lingkungan Kerja, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Bokormas Mojokerto adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi rokok kretek dan filter untuk pasaran rokok domestik di Indonesia. PT. Bokormas Mojokerto merupakan perusahaan rokok golongan II yang berskala menengah. Rokok yang diproduksi oleh PT. Bokormas yaitu SKM ( Sigaret Kretek Mesin), SKT (Sigaret Kretek Tangan), dan Klobot. Bokormas diartikan sebagai mangkuk emas yang besar di dalam bahasa Jawa-Indonesia kuno Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi di PT Bokor Mas Mojokerto, 2) pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan bagian produksi di PT Bokor Mas Mojokerto, 3) pengaruh lingkungan kerja dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan bagian produksi di PT Bokor Mas Mojokerto. Penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan sekunder, metode penelitian melibatkan 2 variabel: variabel (kinerja karyawan) independen, dan variabel dependen (lingkungan kerja dan motivasi). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal yaitu dengan bentuk hubungan sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling yang diambil sebesar 75 karyawan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa: 1) variable lingkungan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan thitung sebesar 2,321>ttabel 1,66 dengan nilai signifikan 0,023. 2) variable motivasi secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 4,060>ttabel1,66 dengan nilai signifikan 0,000. 3) variable lingkungan kerja dan motivasi secara simultan terdapat pengaruh terhadap kinerja karyawan, dengan nilai Fhitung 14,684<Ftabel3,12 dan tingkat signifikan 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budianto A. Aji Tri 2015. “Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada PT perusahaan gas negara SBU distribusi wilayah jakarta”. Jurnal Ilmia Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Vol. 3 (1).

Darodjat, Ahmad Tubagus, 2015, Konsep-konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini,Pt Refika Aditama, Bandung.

Ginanjar, Ahmad Rodi. 2013. Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu. 2017. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: RefikaAditama.

Pranata, Rizon. 2014. Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Arga Makmur Bengkulu Utara, Universitas Bengkulu..

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: refikaAditama.

Sidanti, Heni 2015. “Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di sekretariat DRRD kota madiun”. Jurnal JIBEKA. Vol .9 (1): hal. 44-53.

Sofyan, Diana Khairani (2013). “Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai BAPPEDA”.Journal Malikussaleh Industrial Engeneering. Vol. 2 (1): hal.18-23.

Sugiyono. 2016. Statiska untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi, 2013. Kinerja Karyawan,Ghalia Jakarta.

Surjosuseno, Daniel. 2015. “Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada bagian produksi UD pabrik ada plastik”. Jurnal AGORA. Vol. 3 (2).

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Theodora, Olivia. 2015. Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Sejahtera Motor Gemilang, Universitas Kristen Petra.

Downloads

Published

2018-10-06

How to Cite

Rosyikhuddin, M. A. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi di PT Bokor Mas Mojokerto. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(1), 95–110. https://doi.org/10.33752/bima.v1i1.5331

Issue

Section

Articles