Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Andini Jombang

Authors

  • Siti Isnaini Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v1i1.5329

Keywords:

Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Lembaga kursus dan pelatihan Andini adalah salah satu dari banyak bisnis yang bergerak di bidang kecantikan baik untuk wanita maupun pria. Tidak hanya memberikan kursus perawatan kecantikan dan traing, tetapi juga make up pernikahan, yang diminati banyak orang. Lembaga kursus dan pelatihan Andini Jombang memiliki keunggulan dibandingkan lembaga kursus dan pelatihan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga dan lokasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling, khususnya incidental sampling, dengan akumulasi sampel adalah 62 pelanggan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen, yaitu thitung 5,456> ttabel (1,669), dan nilai signifikannya 0,000. (2) Lokasi secara parsial memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen, yaitu thitung adalah 7.056> ttabel (1.669), dan nilai signifikansi adalah 0,009. (3) Harga dan lokasi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang fhitung adalah 69,834> ftabel (3,15), dan nilai signifikannya 0,000.

Lembaga kursus dan pelatihan Andini adalah salah satu dari banyak bisnis yang bergerak di bidang kecantikan baik untuk wanita maupun pria. Tidak hanya memberikan kursus perawatan kecantikan dan traing, tetapi juga make up pernikahan, yang diminati banyak orang. Lembaga kursus dan pelatihan Andini Jombang memiliki keunggulan dibandingkan lembaga kursus dan pelatihan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga dan lokasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling, khususnya incidental sampling, dengan akumulasi sampel adalah 62 pelanggan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen, yaitu thitung 5,456> ttabel (1,669), dan nilai signifikannya 0,000. (2) Lokasi secara parsial memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen, yaitu thitung adalah 7.056> ttabel (1.669), dan nilai signifikansi adalah 0,009. (3) Harga dan lokasi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang fhitung adalah 69,834> ftabel (3,15), dan nilai signifikannya 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin. 2016. “Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Wisata Bahari Lamongan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 12, Desember 2016 ISSN: 2461-0593.

Al Ahror, Ubaidillah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Milkmoo”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 6, Nomor 3, Maret 2017 ISSN: 2461-0593.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bilia, Jefry F.T, Agus, Sjendry. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado”. Jurnal EMBA. Vol.2, No.3.

Cristo, Mandang, David, Frederik. 2017. The Influence Of Price, Service Quality, And Physical Environment On Customer Satisfaction. Case Study Markobar Cafe Mando. Jurnal EMBA. Vol.5 No.2.

Darmawan, Rama Joko. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Apotek Takavi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Volume 6, Nomor 8.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman zpenelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Yoga Pratama.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan 8. Semarang: Universitas Diponegoro.

Haromain, Imam. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di AHASS Z618”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5, Nomor 5, Mei 2016 ISSN: 2461-0593.

Haryanto, Edy. 2013. “Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado”. Vol.1, No.3, September 2013. Jurnal EMBA. ISSN: 2303-1174.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing service).

Kotler, Philip dan Keller K. L. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Person Printice Hall. inc . Jilid 1. Edisi ketiga belas. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Marsono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif (Langkah-Langkah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan Teknik Analisis Jalur (Path Analysis) Dilengkapi Contoh Aplikasinya). Bogor: In Media.

Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priansan, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.

Rachman, Fatchur. 2014. “Pengaruh Kualitas layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.3, No.11.

Sudaryono. 2017. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sumawan, Dendi. 2015. “Analisis Pengaruh Promosi, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Soto Kudud Kauman, Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi “Alat Statistik & Analisis Alat Output Komputer”. Yogyakarta: Seturan Utara, Sleman.

Tjiptono, Fandy dan G. Chandra. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi Tiga. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius. 2012. Service Management Meningkatkan Layanan Prima. Jakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wariki, Grace Marleen, Lisbeth, Hendra. 2015. “Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado”. Jurnal EMBA. Vol.3, No.2, Juni 2015 ISSN 2303-1174.

Widodo. 2017. Metodelogi Penelitian Populer Dan Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-10-06

How to Cite

Isnaini, S. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Andini Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 1(1), 69–81. https://doi.org/10.33752/bima.v1i1.5329

Issue

Section

Articles