Dimensi Store Atmosphere Pada Keputusan Pembelian Konsumen Rumah Makan Tahta Makarim Jombang

Authors

  • Muhammad Fahmi Muhyidin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Rohmad Prio Santoso Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5315

Keywords:

Exterior, General Interior, Store Layout, interior display, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian. Yaitu dengan meneliti dimensi dari store athmosphere yang terdiri dari 4 variabel yaitu Exterior , General Interior, Store Layout dan interior display pada rumah makan Tahta Makarim Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menyebar angket pada 50 orang pengunjung di rumah makan Tahta Makarim Jombang dengan metode teknik sampling insidental. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat Exterior , General Interior, Store Layout dan interior display berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Tahta Makarim Jombang dengan nilai signifikan dan positif (2) Tingkat dimensi  Store Atmosphere berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Tahta Makarim Jombang dengan nilai signifikan dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianata, M., Suharsono, J., & Fithrianto, M. N. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Ikan Bakar Gatsu Probolinggo. Jesya, 5(2), 2657–2666. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.867

Anindita, R. I., & Widjaja, Y. (2019). Analisis Pengaruh Exterior Atmosphere Terhadap Minat Pembelian Konsumen pada Toko Buku Gramedia Mataram Mall. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 5(1), 46–57.

Essardi, N. I., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2022). Service Quality, Product Diversity, Store Atmosphere, And Price Perception: Determinants Of Purchase Decisions For Consumers At Jumbo Supermarket Nabeela. 2(2), 95–104. https://doi.org/10.56348/mark.v2i2.52

Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 245–253. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3663

Herlina, R., & Lestari, A. P. (2020). Analisis Pengaruh Store Layout Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: Minimarket Serba Bisa Cimahi). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 6(1), 48–60.

Hidayatullah, N. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gubug Makan Mang Engking Solo. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 450–464.

Jahroni, Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234–10241.

M.Ridha Siregar, R. (2020). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Blangkejeren Gayo Lues. 1(1), 14–24.

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1077–1086.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013

Pratama, H., & Aprillia, L. (2019). Pengaruh Interior Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran Pecel Lele Lela di Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 11–18.

Santoso, Rohmad Prio. 2022. Analisa Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Universitas Hasyim Asy’ari BIMA: Journal of Business and Innovation Management Volume 4 Nomor 3, Juni 2022 Halaman 585-596. https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.545

Tjahjaningsih, E., Nanda, G. O., Marlien, R., & Cahyan, A. T. (2022). The effect of promotion, store atmosphere and service quality on purchase decision: the covid-19 pandemic. Journal of Economics and Public Health, 1(1), 19–30. https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JEPH/article/view/882

Trihudiyatmanto, M. (2022). Analisis Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli (Studi Pada Toko Erna Banjarnegara). Jamasy, 2(4).

Yudha, D. M. P. A., Sulistyani, T., & Sujarwo, M. (2020). Pengaruh Store Atmosfer, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Wapress JK Pemalang. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 12(1), 18–26. https://doi.org/10.24905/permana.v12i1.94

Yuniastuti, D., & Herawati, N. (2019). Pengaruh Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Industri Pakaian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 209–218.

Downloads

Published

2023-10-05

How to Cite

Muhyidin, M. F., & Santoso, R. P. (2023). Dimensi Store Atmosphere Pada Keputusan Pembelian Konsumen Rumah Makan Tahta Makarim Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(1), 117–125. https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5315

Issue

Section

Articles